Salin Artikel

Sempat Ditahan di Kantor Polisi, 2 Preman Pemalak Penghuni Panti Asuhan Dibebaskan

Kapolsek Padang Utara AKP Nahri Sukra mengatakan, para pelaku diamankan karena sudah viral. Keduanya dibawa ke Mapolsek Padang Utara pada Rabu (23/6/2021).

Namun, setelah ditahan 1x24 jam, kedua pelaku dipulangkan karena korban tidak membuat laporan.

"Saat ini sudah dipulangkan, karena mengamankan orang 1x24 jam. Kecuali korban melakukan penuntutan karena mengalami kerugian," kata Nahri, dikutip dari Tribunpadang, Kamis (24/6/2021). 

"Jadi korban tidak membuat laporan polisi dan tidak akan menuntut. Barang buktinya cuma delapan botol minuman Fanta," ujar Nahri menambahkan.

Pemimpin dan pengelola Panti Asuhan Jasmine Nabila Inayah, Dewi Melinda mengatakan, permasalahan itu telah diselesaikan secara damai.

Ia berharap ke depan hal serupa tidak terjadi lagi.

"Kalau dia butuh, insya Allah kita bantu. Misalnya, dia kurang mampu tak sanggup biayai anaknya, masukan anaknya ke panti. Nanti kita beri makan karena warga dhuafa di sini kami bantu. Di sini tidak dibatasi anak-anak untuk makan," tutur Dewi.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah preman memalak penghuni panti asuhan di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Panti asuhan yang menjadi sasaran premanisme tersebut bernama Panti Rumah Singgah dan Thafidz Jasmine Nabila Inayah yang berlokasi di Ulak Karang Utara, Padang.

Panti asuhan itu dipimpin dan dikelola oleh Dewi Melinda.

Saat ditemui TribunPadang.com, Dewi mengaku sempat terjadi pemalakan oleh oknum pemuda setempat.


Pemalakan itu terjadi pada bulan puasa lalu, saat donatur datang mengantarkan bantuan ke panti.

"Iya benar, itu miskomunikasi saja. Ketika itu ada donatur mengantar bantuan. Saya bilang sebelumnya ada yang ngaku ketua pemuda ke sini, minta bagian. Saya bilang sama donatur bawa aja dulu bantuannya, sebab nanti bantuan ini diminta sama yang ngaku ketua pemuda," tutur Dewi Melinda, Rabu (23/6/2021).

Donatur itu memberi tahu ke temannya ada dugaan pemalakan di panti sehingga informasi itu sampai ke pihak yang berwajib.

Dewi tak menampik tahun lalu aksi pemalakan cukup banyak.

Mereka berebut ke panti yang pada akhirnya anak panti tidak mendapat bantuan.

Artikel ini telah tayang di TribunPadang.com dengan judul: Panti Asuhan di Padang Dipalak Preman, Pengelola: Kalau Nggak Dikasih, Tak Jamin Panti Aman

https://regional.kompas.com/read/2021/06/25/060000478/sempat-ditahan-di-kantor-polisi-2-preman-pemalak-penghuni-panti-asuhan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke