Salin Artikel

RSUD Dr Moewardi Solo Tambah 80 Tempat Tidur Pasien Covid-19

SOLO, KOMPAS.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Moewardi Solo, Jawa Tengah, kembali menambah 80 tempat tidur untuk merawat pasien Covid-19.

Penambahan tempat tidur dilakukan karena sekitar 90 persen dari jumlah kapasitas 320 tempat tidur isolasi pasien Covid-19 yang tersedia sudah terpakai.

"Kita akan menambah kamar tidur isolasi pasien Covid-19 sampai 400 unit," kata Direktur RSUD Dr Moewardi Solo Cahyono Hadi saat dihubungi wartawan, Kamis (24/6/2021).

Peningkatan pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terjadi sejak sepekan terakhir.

Pasien yang dirawat di RSUD Moewardi juga tidak hanya berasal dari Solo.

"Pasien kita dari wilayah Soloraya dan Jawa Tengah," ungkap Cahyono.

Dirikan Tenda Darurat

Selain menambah kapasitas tempat tidur isolasi, kata Cahyono, pihaknya juga mendirikan dua tenda darurat di halaman depan rumah sakit.

Tenda darurat difungsikan sebagai screening atau pemeriksaan awal pasien sebelum mereka masuk ke ruang Unit Gawat Darurat (UGD).

Jika hasil screening pasien tersebut dinyatakan positif Covid-19, maka mereka akan langsung diarahkan ke ruangan isolasi.

Sebaliknya, jika hasil screening pasien negatif Covid-19, mereka bisa langsung masuk UGD.

"Kalau ada pasien datang dengan gejala Covid-19 kita taruh di situ untuk observasi dulu dan sebagainya. Mereka harus kita pastikan dulu apakah dia kena Covid-19 atau tidak," kata Cahyono.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/24/183142978/rsud-dr-moewardi-solo-tambah-80-tempat-tidur-pasien-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke