Salin Artikel

Ketua DPRD Tolikara Bantah Jadi Donatur KKB: Ini Pembunuhan Karakter

JAYAPURA, KOMPAS.com - Nama Ketua DPR Kabupaten Tolikara Sonny Wanimbo mencuat karena diduga menjadi salah satu donatur Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Hal ini didapat dari hasil pengembangan kasus penangkapan Ratius Murib alias Neson Murib yang merupakan tersangka jual beli senjata api ilegal.

Namun, hal tersebut dibantah oleh Sonny. Dia mengaku sama sekali tidak mengenal Neson Murib.

"Ketemu saja tidak pernah, apalagi mau transfer. Dia (tersangka) orang Puncak Jaya sementara saya orang Tolikara. Bilang saya teman kuliah? gimana ceritanya saya kuliah di Jakarta, dia di Bali," ujar Sonny di Jayapura, Sabtu (19/6/2021).

Ia pun menegaskan siap dipanggil oleh penyidik Polda Papua untuk dimintai keterangan sebagai saksi.

Namun, Sonny menganggap informasi yang menyebut ia menjadi penyumbang dana bagi KKB yang telah beredar di media merupakan pembunuhan karakter.

"Kalau ada surat pemanggilan, saya siap," kata dia.

Sementara itu Kuasa Hukum Sonny Wanimbo, Aloysius Renwarin menambahkan, pihaknya siap mendampingi kliennya jikalau nantinnya ada proses hukum di kepolisian

"Lebih dari 100 pengacara siap mendampingi, kita akan ambil langkah hukum setelah ini," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Satuan Tugas Operasi Nemangkawi menangkap Ratius Murib alias Neson Murib pada Senin (14/6/2021).

Neson diduga bagian dari jaringan penjual senjata api dan amunisi kepada kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Puncak Jaya, Papua.

Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri memastikan Neson Murib merupakan anggota KKB Numbuk Telenggen yang merupakan kelompok sempalan Lekagak Telenggen.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/19/160847778/ketua-dprd-tolikara-bantah-jadi-donatur-kkb-ini-pembunuhan-karakter

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke