Salin Artikel

Beredar Kabar Ada Temuan Covid-19 Varian Delta, Ini Kata Dinkes Salatiga

Pernyataan itu dilontarkan untuk menanggapi kabar yang beredar di media sosial soal telah ditemukannya Covid-19 varian delta di Salatiga.

"Kabar itu langsung ditelusuri, dan sudah ketemu jawabannya. Itu adalah sampel Kudus yang dikirim ke Laboratorium Vektor Salatiga," kata Siti saat dihubungi, Jumat (18/6/2021).

"Sehubungan Lab Vektor alatnya tidak optimal, maka sampel dirujuk. Hasilnya dirilis berdasarkan asal pengirim, yang mengirim kan Salatiga, laboratoriumnya maksudnya. Dari sekuens ketemu banyak itu dari Lab Salatiga tapi sampelnya berasal dari Kudus," sambungnya.

Kendati demikian, Siti mengakui hingga Jumat (18/6/2021) masih terjadi penambahan pasien positif Covid-19 secara signifikan.

"Ada penambahan 87 pasien positif, yang dinyatakan sembuh 35 orang, dan tiga orang meninggal dunia," jelasnya saat dihubungi.

Secara kumulatif, di Salatiga ada 5.052 kasus dengan rincian 732 pasien menjalani positif dan isolasi, 4.195 dinyatakan sembuh, dan 125 pasien meninggal dunia.

Siti menyampaikan melakukan koordinasi lintas sektor untuk memeriksa adanya keungkinan varian baru Covid-19 di antara pasien.

"Salatiga belum melakukan pemeriksaan, ini masih koordinasi," tegasnya.

Dia kembali menegaskan pentingnya disiplin protokol kesehatan untuk melindungi diri dari Covid-19.

"Salatiga saat ini zona merah, lindungi diri, keluarga, dan semuanya dengan tetap mengenakan masker di manapun," kata Siti.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/18/215335878/beredar-kabar-ada-temuan-covid-19-varian-delta-ini-kata-dinkes-salatiga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke