Salin Artikel

Dampak Gempa M 6,1 di Maluku Tengah, Talud Pantai 300 Meter Rusak hingga Terjadi Patahan

Salah satu tokoh masyarakat dusun Mahu, Desa Tehoro, Hamsal Kinlihu mengatakan, kerusakan talud pantai yang terjadi di dusun itu mencapai lebih dari 300 meter.

“Talud di sini juga rusak parah, semua lepas, itu panjangnya lebih dari 300 meter,” kata Hamsal kepada Kompas.com saat dihubungi dari Ambon, Rabu malam.

Ia mengaku selain merusak talud pantai, gempa tersebut juga menyebabkan terjadinya patahan di pesisir pantai dusun tersebut.

“Ada patahan juga di sini pas di belakang rumah saya, patahan panjangnya dari bibir pantai ke daratan itu sekitar 15 meter dan panjangnya ratusan meter,” ungkapnya.

Saat ini kata dia, seluruh warga di dusun Mahu tidak lagi berada di perkampungan mereka. Saat ini seluruh warga kampung telah mengungsi ke hutan di dusun tersebut.

“Saat ini kampung dalam kondisi kosong, semua sudah mengungsi ke gunung dan hutan,” ujarnya.

“Betul ada patahan di sepanjang pantai, sekitar 200 meter panjangnya,” akunya.

Sementara Kepala Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Tengah Abdul Latif Key turut membenarkan adanya insiden tersebut.

“Betul ada patahan dan ada talud yang rusak,” uajrnya kepada Kompas.com.

Ia mengaku sampai malam ini pihaknya masih terus melakukan pendataan terhadap dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

“Tim kita masih berada di lapangan masih mendata terus,” ujarnya. 

https://regional.kompas.com/read/2021/06/16/210256278/dampak-gempa-m-61-di-maluku-tengah-talud-pantai-300-meter-rusak-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke