Salin Artikel

BOR RS Rujukan Covid-19 Dekati 60 Persen, Sekda DIY: Sudah Cukup Genting

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) rumah sakit rujukan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sudah mendekati angka 60 persen.

Kondisi ini dinilai Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji sudah cukup genting.

"BOR rumah sakit kita sudah cukup genting ya," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji, Selasa (15/06/2021).

Baskara Aji menyampaikan, tingkat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) rumah sakit rujukan Covid-19 di DIY cukup tinggi. Bahkan sudah mendekati 60 persen.

"Kita sudah mendekati 60 (persen), untuk yang ICU itu kita sudah lebih, tapi untuk yang non kritikal kita masih," tegasnya.

Menurutnya, meski kapasitas masih ada, namun Pemerintah DIY tengah berupaya untuk menambah kapasitas.

"Kalau kita membuka rumah sakit baru investasinya terlalu banyak," ucapnya.

Dinas Kesehatan juga terus berkoordinasi dengan rumah sakit rujukan dalam rangka menambah kapasitas.

"Agak banyak itu ya tetap harus kita pikirkan untuk penambahan. Tentu ini teman-teman di Dinas Kesehatan sudah koordinasi dengan rumah sakit rujukan untuk membuka, menambah kapasitas," tandasnya.

Terkait dengan shelter isolasi di DIY, lanjutnya, akan dilakukan pendataan. Kemudian diupayakan untuk menambah kapasitas shelter.

"Jadi saya kira ini kita perlu mendata dan mengembangkan jumlah kapasitas shelter. Banyak masukan yang diberikan kepada kami untuk membuka shelter-shelter baru," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/16/071903578/bor-rs-rujukan-covid-19-dekati-60-persen-sekda-diy-sudah-cukup-genting

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke