Salin Artikel

Terduga Penyuplai Senjata ke KKB Sempat Bertransaksi Rp 1,3 Miliar

Neson Murib yang merupakan terduga pemasok senjata api untuk KKB di Kabupaten Puncak, ditangkap oleh Satgas Nemangkawi di Bandara Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, pada Senin (14/6/2021).

"Neson Murib diketahui sudah melakukan sejumlah transaksi mencapai miliaran rupiah terkait dengan penjualan dan pembelian senpi beserta amunisinya. Total yang dikirim dan diterima Rp 1.393.100.000," ujar Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri, melalui pesan singkat, Selasa (15/6/2021).

Bawa uang Rp 370 juta saat ditangkap

Saat ditangkap, Neson Murib kedapatan membawa uang senilai Rp 370 juta yang diduga kuat akan digunakan untuk membeli senjata api di Kabupaten Mimika.

Saat ini ia ditahan di Mapolres Puncak Jaya untuk diperiksa.

"Buat apa dia bawa uang sampai Rp 370 juta, jadi informasi yang kami dapat dia mau bertemu dengan kenalannya di Timika, kemungkinan besar itu untuk membeli senjata," kata Fakhiri.

Menurut Kapolda, keberadaan Neson Murib di Puncak Jaya karena  sedang transit sebelum dia kembali terbang ke Mimika.

Sebelumnya diberitakan, Satuan Tugas Operasi Nemangkawi menangkap Ratius Murib alias Neson Murib pada Senin (14/6/2021).

Neson diduga bagian dari jaringan penjual senjata api dan amunisi kepada Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Puncak Jaya, Papua.

Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri memastikan, Neson Murib merupakan anggota KKB Numbuk Telenggen yang merupakan kelompok sempalan Lekagak Telenggen.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/15/185312378/terduga-penyuplai-senjata-ke-kkb-sempat-bertransaksi-rp-13-miliar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke