Salin Artikel

Detik-detik 20 Warga Bakar Kapal Ikan, lalu Cegat dan Paksa Polisi Serahkan Semua Awaknya

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad menjelaskan, awalnya KM Sekar Tanjung 1 yang dinakhodai Rusdi dan 10 orang anak buah kapal (ABK) melepas jangkar di lokasi untuk mencari ikan.

Saat menjaring ikan, datang sekitar 30 warga dan meminta aktivitas kapal dihentikan.

"Warga juga memaksa agar KM Sekar Tanjung 1 kembali ke Pelabuhan Balai Batu Tanggamus dengan cara digiring," kata Pandra saat dihubungi, Senin (14/6/2021).

Anggota Polair Polres Tanggamus yang mendapat laporan langsung menuju lokasi dan memediasi agar warga tidak bertindak anarkistis.

"Awalnya warga setuju dan kapal pun bertolak menuju ke Kota Agung dengan dinakhodai oleh nelayan setempat. Sedangkan anggota Polair mengamankan nakhoda dan ABK KM Sekar Tanjung 1 melalui jalur darat," kata Pandra.

Warga pun membawa kapal itu ke pelabuhan, sedangkan nakhoda dan ABK dibawa melalui jalur darat dengan pengawalan polisi.

Namun, dalam perjalanan menuju pelabuhan, 20 warga mengadang dan bertindak anarkistis dengan membakar KM Sekar Tanjung 1.

Sementara itu, warga yang masih di darat juga mengadang aparat kepolisian dan memaksa agar nakhoda serta ABK diserahkan kepada mereka.

Pandra menambahkan, nakhoda dan ABK KM Sekar Tanjung 1 masih diamankan di Direktorat Polair Polda Lampung untuk dimintai keterangan.

"Untuk motif dan siapa saja yang terlibat perusakan, kami masih menyelidiki secara mendalam," kata Pandra. (Penulis Kontributor Lampung, Tri Purna Jaya | Editor Aprillia Ika)

https://regional.kompas.com/read/2021/06/15/055842978/detik-detik-20-warga-bakar-kapal-ikan-lalu-cegat-dan-paksa-polisi-serahkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke