Salin Artikel

28 Warga Kudus Terinfeksi Covid-19 Varian India

Bupati Kudus Hartopo membenarkan perihal temuan adanya varian virus corona itu di wilayahnya. 

Varian yang disebut sebagai varian delta diketahui menginfeksi 28 orang warga Kabupaten Kudus merujuk hasil pemeriksaan sampel di Laboratorium Universitas Gajah Mada (UGM).

"Dari 34 sampel, 28 sampel dinyatakan terkonfirmasi varian B1617.2 asal India," terang Hartopo saat dihubungi Kompas.com, Minggu (13/6/2021).

Dijelaskan Hartopo, saat ini belum bisa dipastikan Covid-19 varian baru tersebut telah menginfeksi warga Kabupaten Kudus lainnya. 

Sampel pasien positif Covid-19 yang terdeteksi terkonfirmasi Corona varian baru tersebut, kata Hartopo, diambil pasca-Lebaran seiring melonjaknya kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus.

"Pengambilan sampel itu sudah lama. Mungkin sekarang sudah sembuh semua mereka. Dua pekan lalu setelah tanggal 15 Mei," ungkap Hartopo.

Sebagai antisipasi memutus penularan varian B1617.2, Pemkab Kudus mengimbau masyarakat membiasakan diri menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dalam keseharian.

"Penyebarannya varian baru ini lebih cepat dan mudah. Tak mengenal jarak terutama di ruangan. Ngobrol tak pakai masker mudah tertular. Harus paham penanggulangannya. Proteksinya kita harus tahu," pungkas Hartopo.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/13/165334878/28-warga-kudus-terinfeksi-covid-19-varian-india

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke