Salin Artikel

IDI Siap Bantu Penanganan Lonjakan Kasus Covid-19 di Jawa Tengah, Termasuk Kudus

Seperti diketahui, pasca-libur Lebaran kemarin, Kabupaten Kudus mengalami lonjakan kasus Covid-19.

Sebelumnya, ratusan tenaga kesehatan telah dikirim oleh Pemprov Jawa Tengah sebagai upaya mendukung penanganan Covid-19 di Kota Kretek tersebut.

Ketua IDI Jawa Tengah Dokter Djoko Handojo mengatakan, dalam sepekan terakhir sudah ada puluhan dokter yang dikirim untuk membantu penanganan kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus.

Dalam penanganannya, garda terdepan melawan Covid-19 tersebut bertugas secara bergantian setiap minggunya.

"Kami pengiriman pertama sampai minggu ini kira-kira ada 15 orang. Hari ini mereka pulang kemudian Senin nanti berangkat 11 orang. Jadi kami selalu bergantian setiap minggu," kata Dokter Djoko usai acara Musyawarah Wilayah (Muswil) IDI Jateng 2021 di Hotel Gumaya, Sabtu (12/6/2021).

"Tentu kami lengkapi mereka dengan APD dan vitamin. Bagaimanapun juga supaya mereka tidak terlalu lelah. Dan juga tambahan protein untuk daya tahan tubuh. Dari IDI wilayah juga kita beri bantuan agar mereka bisa mendapatkan gizi yang lebih baik," jelasnya.

Dokter Djoko menegaskan, pihaknya selalu menjunjung tinggi kode etik kedokteran.

Tidak hanya membantu penanganan pasien tetapi juga senantiasa menjamin keselamatan sesama rekan sejawat saat bertugas.

"Kami sesuai dengan kode etik kedokteran maka kami harus membantu para dokter bagaimana perlakuan kami sebagai rekan sejawat dan teman-teman juga supaya bisa menjaga dan melindungi diri," katanya.

Di sisi lain, diakui pandemi Covid-19 masih berlangsung dan bahkan saat ini sejumlah wilayah di Jawa Tengah masuk dalam zona merah.

Untuk itu, IDI Jateng berkomitmen akan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Selain itu juga memperbaiki segala aspek termasuk pendidikan dan perlindungan hukum bagi dokter.

"Tentunya kami fokus pada pelayanan kesehatan masyarakat. Kami ingin supaya pelayanan kesehatan masyarakat ini bisa cepat, tepat dan nyaman. Dalam hal ini bukan saja kepada yang menerima pelayanan tetapi juga kepada yang memberikan pelayanan," ungkapnya.

Ketua Umum Pengurus Besar  IDI, Dokter Daeng M Faqih mengatakan, pihaknya siap mendukung pemerintah untuk penanganan kasus Covid-19 di seluruh daerah, termasuk Jawa Tengah.

"Tadi sepakat bahwa kawan-kawan di Jateng ini seluruhnya bersatu meskipun saat ini ada beberapa yang melonjak seperti Kudus, Jepara, Semarang. Kawan-kawan IDI Jateng sudah sepakat membackup untuk daerah-daerah yang betul-betul melonjak. Termasuk juga dari PB IDI bila diperlukan untuk Jateng kita juga siap membantu," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Dokter Djoko pun kembali terpilih sebagai ketua IDI Wilayah Jawa Tengah periode 2021-2024.

Sebelumnya ia menjabat Ketua IDI Wilayah Jawa Tengah periode 2018-2021.

Sementara Dokter Djoko Widyarto menjadi Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) dan Dokter Noor Pramono sebagai Majelis Pengembangan Pelayanan Keprofesian (MPPK).

Turut hadir secara luring Ketua Umum PB IDI Dokter Daeng M. Faqih dan Kadinkes Jateng Dokter Yulianto Prabowo hadir secara daring.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/12/193133678/idi-siap-bantu-penanganan-lonjakan-kasus-covid-19-di-jawa-tengah-termasuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke