Salin Artikel

Dipulangkan Lewat Jalur Laut, 192 TKI Asal Malaysia Jalani Karantina di Batam

Didi menjelaskan, sebelumnya ada sekitar 500 TKI yang menjalani karantina di Batam. Namun, kini mereka telah dipulangkan ke daerahnya masing-masing.

“Per 9 Juni 2021 ada 192 TKI di Karantina di Batam dan semua TKI ini merupakan pekerja migran yang baru saja dipulangkan dari Malaysia,” kata Didi melalui WhatsApp, Sabtu (12/6/2021).

Tidak saja menjalani karantina, sebelumnya para TKI yang baru saja tiba di Batam ini terlebih dahulu harus mengikuti pemeriksaan tes swab.

Tes swab akan dilakukan sebanyak dua kali.

“Begitu tiba di Pelabuhan, TKI ini langsung dilakukan tes swab, apabila hasilnya negatif, mereka harus menjalani karantina selama lima hari, kemudian melanjutkan tes swab kedua,” papar Didi.

“Dan jika hasil kedua tetap negatif, baru mereka bisa kembali ke daerah masing-masing. Akan tetapi apabila hasilnya positif, maka harus menjalani perawatan di RSKI Khusus Covid-19 di Pulau Galang," Didi menambahkan.


Didi mengatakan, untuk 192 TKI yang saat ini masih menjalani karantina di Batam, semuanya ditempatkan di rumah susun (rusun) yang disiapkan Pemkot Batam dan BP Batam.

Sebanyak 106 orang dikarantina di rusun Pemkot Batam yang berada di Tanjunguncang.

Kemudian, 75 orang dikarantina di rusun BP Batam yang juga berada di Tanjunguncang dan 11 orang dikarantina di rusun Pemkot Batam atau Putra Jaya yang juga berada di Tanjunguncang.

“Karantina ini merupakan salah satu protokol kesehatan yang wajib dilalui sejumlah TKI sebelum mereka dipulangkan ke daerah mereka masing-masing,” pungkas Didi.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/12/170003878/dipulangkan-lewat-jalur-laut-192-tki-asal-malaysia-jalani-karantina-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke