Salin Artikel

Koster Berharap Cakupan Work From Bali Diperluas ke Semua Kementerian

Tujuh kementerian di bawah Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) akan menerapkan WFB untuk membantu memulihkan sektor pariwisata dan perekonomian Bali yang lumpuh akibat pandemi Covid-19.

Gubernur Bali I Wayan Koster menyambut baik program WFB itu. Namun, ia meminta pemerintah pusat untuk memperluas cakupan WFB kepada semua kementerian dan lembaga.

"Meningkatkan program Work From Bali (WFB) menjangkau semua Kementerian/Lembaga," kata Koster dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (10/6/2021).

Koster menuturkan, memperluas cakupan kementerian dan lembaga untuk menjalankan WFB merupakan salah satu cara menyelamatkan ekonomi Bali yang pada tahun 2020 mengalami kontraksi 9,3 persen (negatif).

Sedangkan pada triwulan pertama tahun 2021 mengalami kontraksi 9,8 persen (negatif).

"Kondisi ini harus cepat diatasi dengan kebijakan khusus yang bersifat spasial untuk Bali, agar pariwisata dan perekonomian Bali tidak semakin terpuruk," kata dia.

Kesiapan Bali untuk menyambut WFB itu, kata Koster, bisa dilihat dari sebaran vaksinasi yang telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Bali.

Sampai 6 Juni 2021 kemarin, vaksinasi tahap pertama (suntikan ke-1) sudah mencapai lebih dari 1,4 Juta orang atau 47 persen. Vaksinasi tahap kedua (suntikan ke-2) telah mencapai lebih dari 659 ribu orang 22 persen.

Sedangkan, tingkat kesembuhan semakin meningkat mencapai angka lebih dari 95 persen (diatas rata-rata nasional, 91 persen).

Tingkat kematian mencapai 3,71 persen cendrung menurun namun masih diatas rata-rata nasional 2,78 persen, yaitu kurang dari 5 orang per hari.

"Dan jumlah kasus aktif mencapai kurang dari 1 persen yang terus menurun (di bawah rata-rata nasional 5,24 persen), yaitu 473 orang (227 orang dirawat di rumah sakit dan 246 orang di isolasi/karantina)," kata dia.

Agar bisa terus menekan laju sebaran Covid-19 itu, Koster juga meminta pemerintah pusat untuk mengirimkan 3 juta dosis vaksin untuk menuntaskan target vaksinasi untuk 3 juta penduduk.

"Tambahan vaksin sebanyak 3 juta dosis agar vaksinasi di Bali bisa selesai tuntas bulan Juli 2021," tuturnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/10/142035978/koster-berharap-cakupan-work-from-bali-diperluas-ke-semua-kementerian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke