Salin Artikel

Eri Cahyadi Dukung Penuh Bupati Bangkalan Atasi Lonjakan Kasus Covid-19

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi akan terus berkoordinasi dengan Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron untuk mengatasi lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Eri memastikan Pemkot Surabaya akan memberikan dukungan penuh untuk Bangkalan.

"Sama dengan Bupati Bangkalan, selalu saya bilang bahwa Surabaya, Bangkalan, enggak bisa dipisahkan. Kami akan saling membantu, bahu-membahu menyelesaikan masalah ini," kata Eri Cahyadi, kepada wartawan di Suramadu sisi Surabaya, Selasa (8/6/2021).

Eri menuturkan, kedua daerah ini memiliki keterkaitan dan bisa bersama-sama mendapat dampak dari lonjakan kasus Covid-19, jika tidak ditangani secara bersama.

"Karena Surabaya bisa membawa dampak ke Bangkalan. Tapi, lewat Bangkalan juga bisa dampak ke Surabaya. Jadi, ini enggak bisa diselesaikan sendiri, kami sebagai pemimpin-pemimpin muda saling bahu-membahu, tidak bisa menyelesaikan di satu tempat, tapi kami bisa saling membantu menyelesaikan Covid-19 di Surabaya, maupun di Madura khususnya di Bangkalan," ujar Eri.

Eri juga memastikan kondisi ini adalah momen bagi pemerintah daerah untuk saling bahu membahu, tidak menyalahkan, dan saling memberi dukungan.

Makanya, ia pun tidak keberatan apabila nantinya Bupati Bangkalan membutuhkan bantuan termasuk tenaga kesehatan.

Ia memastikan siap menerjunkan tenaga kesehatan ke Bangkalan.

"Kalau ternyata memang kekuatan nakesnya lebih banyak di kami, maka tidak apa-apa kami ke sana. Yang penting saling membantu karena Madura dan Surabaya ini tidak dapat dipisahkan. Untuk saat ini, bantuannya ada tenda dan antigen juga," kata Eri.

Eri menuturkan, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin telah memberikan apresiasi kepada Kota Surabaya dan Bangkalan yang secara bersama-sama telah menekan penyebaran Covid-19, setelah melonjaknya kasus di Bangkalan.


Melalui banyaknya tes yang dilakukan, kata Eri, maka hal itu akan mempermudah dirinya dan bupati Bangkalan untuk melakukan tracing dan bentuk penanganan lainnya.

"Karena orang Madura tinggal di Surabaya banyak, KTP-nya Madura. Orang Surabaya KTP Surabaya tinggal di Madura juga banyak. Ini kan enggak bisa dipisahkan, satu kesatuan. Jadi, apa yang dibutuhkan Pak Bupati, seperti tadi yang saya sampaikan, ada satu pintu tempat penyekatan kami akan support penuh," ucap Eri.

Terkait penyekatan satu pintu di satu titik, pihaknya telah berkoordinasi dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan akan dirapatkan dengan Polda Jatim.

"Iya Bu Gubernur juga menyampaikan itu juga, sekarang juga lagi dirapatkan dengan Pak Kapolda dan Pak Sekda Provinsi. Insya Allah kami akan support di Madura dan Madura support di Surabaya. Yang penting Covid-19 ini selesai semua, baik di Madura dan di Surabaya," ujar Eri.

Seperti diketahui, kasus positif Covid-19 di Bangkalan terus merangkak naik setelah liburan panjang Lebaran.

Klaster keluarga dan transmisi lokal imbas kedatangan ratusan pekerja migran atau tenaga kerja Indonesia (TKI) disinyalir menjadi salah satu penyebab terjadinya lonjakan kasus positif di Bangkalan.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/08/204852778/eri-cahyadi-dukung-penuh-bupati-bangkalan-atasi-lonjakan-kasus-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke