Salin Artikel

Tampung Pasien Covid-19 Kudus, Asrama Haji Donohudan Tetap Terima Pasien dari Solo

Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Solo Ahyani mengatakan, Solo masih bisa mengirimkan pasien Covid-19 OTG ke Asrama Haji Donohudan.

"Tidak terpengaruh. Solo masih bisa mengirim pasien Covid-19 OTG ke sana (Asrama Haji Donohudan)," kata Ahyani di Solo, Jawa Tengah, Senin (7/6/2021).

Pria yang juga menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Solo menambahkan, kapasitas kamar tidur yang disediakan untuk pasien Covid-19 OTG di Asrama Haji Donohudan mencapai ratusan tempat tidur.

Ahyani mengungkap sampai saat ini jumlah warga Solo yang masih menjalani isolasi di Asrama Haji Donohudan Boyolali kurang dari 50 orang.

"Solo hanya tinggal beberapa yang menjalani isolasi di sana. Tidak sampai 50 orang," ungkap dia.

Pihaknya juga mengatakan belum ada rencana untuk membuat kembali rumah karantina bagi pasien Covid-19 OTG di Solo.

Hal tersebut karena kapasitas di Asrama Haji Donohudan Boyolali masih mencukupi untuk menampung pasien Covid-19 OTG dari Solo.

"Tidak ada rumah karantina. Masih cukup (Asrama Haji Donohudan)," terang dia.


Sebelumnya, Pemerintah Kota Solo, Jawa Tengah, mewajibkan pasien positif Covid-19 tanpa gejala (OTG) menjalani isolasi di Asrama Haji Donohudan.

Setiap ada warga Solo yang terkonfirmasi Covid-19 OTG langsung dikirim ke Asrama Haji Donohudan.

Alasan tidak diizinkan menjalani isolasi mandiri di rumah karena berpotensi menularkan Covid-19 terhadap anggota keluarga yang lain.

Selama ini penularan Covid-19 di Solo banyak terjadi karena pasien positif berstatus OTG yang menjalani isolasi mandiri di rumah tidak tertib.

"Kasusnya menyebar karena ketidakdisiplinan yang melaksanakan isolasi mandiri di rumah. Rata-rata kasusnya banyak," tutur Ahyani.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/07/142603978/tampung-pasien-covid-19-kudus-asrama-haji-donohudan-tetap-terima-pasien

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke