Salin Artikel

Anggota DPRD Jadi Korban Penipuan Berkedok Bisnis Ekspedisi, Rp 700 Juta Raib

Ia diduga menipu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banyumas berinisial AK (27) hingga lebih dari Rp 700 juta.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Banyumas Kompol Berry menjelaskan, korban mengaku awalnya mengenal tersangka pada September 2020.

"Korban ditawari bisnis ekspedisi barang atau jasa dalam negeri dan luar negeri. Selain itu juga bisnis beras dengan perjanjian bagi hasil setiap bulannya," kata Berry kepada wartawan, Jumat (4/6/2021).

Tertarik dengan tawaran tersebut, korban akhirnya menyerahkan uang modal secara bertahap kepada tersangka.

"Korban menyerahkan uang modal dengan cara transfer ke rekening pelaku dan juga uang tunai dengan total yang diberikan berjumlah Rp 743.000.000," ujar Berry.

Berry melanjutkan, bisnis tersebut awalnya berjalan lancar.

Korban sempat menerima uang bagi hasil setiap bulan dari pelaku mulai dari Oktober 2020 hingga Mei 2021.

"Pelaku menjanjikan akan mengembalikan sebagian dari modal pada tanggal 2 Juni 2021. Namun saat jatuh tempo pelaku tidak bisa mengembalikannya dan setelah dicek bisnis tersebut ternyata merupakan bisnis fiktif," ungkap Berry.

Atas perbuatannya, NS dijerat dengan Pasal 378 KUHP dan atau 372 KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama empat tahun.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/04/203449778/anggota-dprd-jadi-korban-penipuan-berkedok-bisnis-ekspedisi-rp-700-juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke