Salin Artikel

Cartridge Swab Test Habis, RSU Cut Muthia Aceh Utara Mulai Kesulitan Tangani Covid-19

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Rumah Sakit Umum Cut Meutia (RSUCM) Aceh Utara kehabisan stok cartridge swab test untuk pasien diduga positif Covid-19 sejak sepekan terakhir.

Dampaknya, rumah sakit plat merah itu terpaksa memeriksa sampel di Rumah Sakit TNI AD Kesrem, Kota Lhokseumawe.

Kepala Bagian Tata Usaha dan Humas RSUCM Aceh Utara, Jalaluddin, dihubungi via telepon, Kamis (3/5/2021) menyebutkan, kehabisan stok cartridge itu membuat manajemen rumah sakit kewalahan untuk menangani pasien.

Apalagi, rumah sakit itu merupakan rumah sakit rujukan sejumlah kabupaten atau kota di Aceh.

“Kami kerjasama dengan RS Kesrem sementara waktu. Namun ini merepotkan dan kendala waktu juga. Setelah kami ambil sampel di sini, kami bawa ke Kesrem lalu menunggu hasilnya. Ini butuh waktu beberapa jam, dan tidak bisa dilayani cepat pasien itu,” kata Jalaluddin.

Dia berharap kendala cartridge segera teratasi.

“Kami sudah lapor ke gugus tugas untuk persoalan ini,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib, meminta Kementerian Kesehatan RI memberikan perhatian khusus atas persoalan kekosongan cartridge itu.

Sehingga pasien bisa segera dideteksi apakah positif atau negatif.

“Kalau bisa segera kami deteksi, tentu bisa kami sesuaikan layanan kesehatannya. Kalau tak positif, ya ke ruang perawatan biasa, bukan ke ruang isolasi,” terang Bupati.

Dia berharap, Kementerian Kesehatan RI membuat respon cepat atas kendala yang dihadapi di daerah terkait penanganan Covid-19.

“Itu sebentar lagi APD habis juga untuk Puskesmas dan RSUCM Aceh Utara. Tolong ini juga dibantu oleh Kemenkes RI,” pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/03/221432378/cartridge-swab-test-habis-rsu-cut-muthia-aceh-utara-mulai-kesulitan-tangani

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke