Salin Artikel

Dapat Bantuan Alat Tukang dari Mensos Risma, Siprianus: Saya Berterima Kasih

Ungkapan terima kasih ini disampaikan setelah dirinya mendapat bantuan peralatan mesin pertukangan yang diantar oleh staf Panitia Asuhan Efata Kupang didampingi Kepala Dinas Sosial Kabupaten Manggarai Timur, Rabu, (2/6/2021).

"Saya secara pribadi dan bersama anggota keluarga menyampaikan terima kasih kepada Ibu Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini atas bantuan peralatan kerja berupa mesin kompresor dan mesin pertukangan lainnya. Saya juga berterima kepada wartawan, Pemda Kabupaten Manggarai Timur, Komunitas Cenggo Inung Kopi Online (CIKO) Kabupaten Manggarai Timur atas kunjungan mereka, Kamis, (27/5/2021) lalu," ucapnya saat dihubungi Kompas.com, Kamis, (3/6/2021).

Siprianus mengatakan, bantuan ini seperti sebuah mimpi yang tak terpikirkan sebelumnya.

Baginya, bantuan tersebut memacu dan memberikan semangat untuk meningkatkan hasil kerajinan tangan di waktu-waktu akan datang.

Koordinator PKH Kabupaten Manggarai Timur, Efrem Dianto saat dihubungi Rabu (2/6/2021) menjelaskan, pada Minggu (30/5/2021) dirinya menerima telepon langsung dari Menteri Sosial RI, Ibu Tri Rismaharini berkaitan dengan bantuan sosial bagi difabel, Siprianus Dua Dawa.

"Saya menerima kontak dari Ibu Menteri Sosial melalui salah satu direkturnya untuk mendapatkan informasi detail tentang Bapak Siprianus Dua Dawa. Ibu Menteri menerima video dari Komunitas Cenggo Inung Kopi Online (CIKO) Kabupaten Manggarai Timur terkait perjuangannya yang menjadi kepala tukang bangunan walaupun kondisi fisiknya terbatas. Video itu dibagikan ke saya sebagai Koordinator PKH Kabupaten Manggarai Timur," jelasnya.


Efrem Dianto menjelaskan, setelah mendapatkan kontak dari Jakarta, ia mengontak anggota komunitas CIKO serta mengontak warga yang mendampingi Siprianus Dua Dawa.

Kemudian, ia menginformasikan ke Jakarta untuk kebutuhan-kebutuhan pertukangan mesin dari Siprianus Dua Dawa.

"Respons cepat dari Menteri Sosial, Tri Rismaharini tidak hitung hari, minggu dan bulan melainkan hitung jam. Ini respons cepat seorang menteri untuk membantu warga yang difabel. Saya juga berterima kepada Ibu Menteri Sosial atas kepekaan bagi warga Manggarai Timur," jelasnya.

Efrem Dianto mencatat, dari April hingga awal Juni 2021, ada tiga kali bantuan sosial yang langsung diinstruksikan oleh Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini.

Pertama bagi satu keluarga difabel di Kampung Kota Tunda, Desa Sopang Rajong, Kecamatan Elar Selatan, kedua bantuan sosial bagi seorang ibu di Kampung Tewuk, Kecamatan Rana Mese yang menderita gangguan jiwa

Ketiga, bantuan langsung kepada tukang penyandang disabilitas, Siprianus Dua Dawa di Kampung Wodong, Kecamatan Lamba Leda.

"Keluarga besar di Kampung Wodong menyambut baik kedatangan staf Kemensos RI yang diwakili staf Panti Asuhan Efata Kupang. Kami menerima mereka secara adat dan bantuan itu langsung diterima Siprianus Dua Dawa bersama keluarganya disaksikan warga di Kampung Wodong," jelas keluarga dekat Siprianus, Yuvens Keor. 

https://regional.kompas.com/read/2021/06/03/112130978/dapat-bantuan-alat-tukang-dari-mensos-risma-siprianus-saya-berterima-kasih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke