Salin Artikel

Isolasi Mandiri Tak Efektif, 3 Wisma Karantina Covid-19 di Babel Penuh

Karantina mandiri menjadi pilihan meskipun selama ini dinilai kurang efektif.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kepulauan Bangka Belitung Andi Budi Prayitno mengatakan, wisma yang dilaporkan terisi penuh yakni wisma Anggrek di Kabupaten Bangka dengan jumlah penghuni 24 orang, wisma isolasi Bangka Tengah dengan penghuni 71 orang dan wisma isolasi Bangka Barat yang dihuni 13 orang.

"Tiga wisma tersebut sisa kamar dan tempat tidurnya nol, artinya semua kapasitasnya sudah terisi penuh," kata Andi dalam keterangan tertulis, Kamis (3/6/2021).

Andi menuturkan, sejak sepekan terakhir tercatat penambahan pasien sebanyak 1.051 orang sehingga total pasien terkonfirmasi positif menjadi 18.487 orang.

Rinciannya, jumlah pasien sembuh sebanyak 16.561 orang, dalam perawatan 1.652 orang dan 274 orang meninggal dunia.

Sebagai upaya pencegahan pandemi, satgas terus mengoptimalkan posko Covid disetiap desa dan kelurahan untuk sosialisasi, tracing, pelayanan dampak BLT, dan penerapan disiplin protokol kesehatan.

"Kami juga mengimbau pada masyarakat untuk ikut mengawasi warga yang sedang isolasi mandiri," ujar Andi.

Menurut Andi, jumlah petugas yang terbatas tidak memungkinkan melakukan pengawasan langsung terhadap pasien yang sedang isolasi mandiri.

"Kelalaian dalam disiplin isolasi mandiri ini menjadi salah satu penyebab bertambahnya angka penularan. Selain itu karena mobilitas warga di tempat publik, tempat wisata, kegiatan keagamaan yang lalai protokol kesehatan," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/03/101054978/isolasi-mandiri-tak-efektif-3-wisma-karantina-covid-19-di-babel-penuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke