Salin Artikel

Ancam Dokter yang Tangani Covid-19, Pemilik Akun Facebook Ini Akhirnya Minta Maaf

PONOROGO, KOMPAS.com - Dua pemilik akun Facebook yang mengancam tindak kekerasan terhadap dokter yang menangani Covid-19 akhirnya meminta maaf.

Keduanya menyampaikan permohonan maaf dan tidak akan mengulangi perbuatannya setelah didatangi polisi. 

Video permohonan maaf salah satu pemilik akun Facebook HWK yang mengancam melakukan kekerasan terhadap dokter muncul di media sosial.

Dalam video berdurasi satu setengah menit itu, HWK mengaku bersalah terhadap komentar yang diunggahnya di salah satu grup Facebook. 

"Saya menyatakan permohonan maaf kepada IDI Ponorogo maupun tenaga medis khususnya kepada dokter di RSUD dr Hardjono Ponorogo terkait postingan yang saya tulis," kata HWK.

Pria asal Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo, ini mengaku telah menghina dan mengancam profesi dokter dan tenaga medis dalam penanganan pasien Covid-19.

Ia menyadari apa yang dilakukan adalah tindakan keliru. Ia pun kini percaya tindakan yang dilakukan dokter dan tenaga medis yang menangani pasien Covid-19 sudah sesuai prosedur.

"Saya mohon dokter dan tenaga medis mau memaafkan perbuatan saya tersebut. Dan saya berjanji tidak akan mengulanginya lagi," tutur HWK. 

Kanit Pidsus Satreskrim Polres Ponorogo Ipda Agus Tri yang dihubungi terpisah mengatakan kedua pemilik akun itu mengakui salah dan memohon maaf melalui video yang dibuat keduanya.


"Mereka mengakui salah dan meminta maaf kepada dokter dan tenaga medis melalui video," kata Agus.

Keduanya memohon maaf, setelah polisi berkoordinasi dengan perangkat desa dan tokoh masyarakat setempat. 

Menurut Agus, dua pemilik akun Facebook itu masih minim pemahamannya terhadap pandemi Covid-19. 

Terhadap masalah itu, Agus meminta warga bijak dalam bermedia sosial.

Masyarakat diharap tidak mudah terpancing berkomentar di media sosial terkait hal-hal yang belum dipahaminya. 

Diberitakan sebelumnya, tangkapan layar warganet mengancam seorang dokter yang menangani Covid-19 di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, viral di media sosial Facebook.

Dua pemilik akun Facebook HDW dan AR berkomentar akan melakukan kekerasan kepada tenaga kesehatan (nakes) yang menangani Covid-19.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/02/132835978/ancam-dokter-yang-tangani-covid-19-pemilik-akun-facebook-ini-akhirnya-minta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke