Salin Artikel

Kasus Salah Input Data Rapid Test di Bandara Palembang, Ini Tindakan Polda Sumsel

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sumsel Komisaris Besar (Kombes) Supriadi mengatakan, pihaknya saat ini sedang mengecek video yang viral di media sosial mengenai kasus ini.

Supriadi menjelaskan, tim yang diturunkan tersebut akan melakukan pengecekan di Bandara SMB II, termasuk petugas kesehatan yang memeriksa penumpang.

"Kita belum tahu apakah kesalahan itu input data atau salah pemeriksaan. Yang jelas, dengan masalah tersebut, Polda Sumsel akan melakukan pengecekan ke tempat yang bersangkutan, baik itu Bandara selaku tempat, atau memang kejadian kesalahan atau keliruan terjadi input data oleh petugas kesehatan di sana," kata Supriadi kepada wartawan, Selasa (1/6/2021).

Supriadi menjelaskan, Polda Sumsel khawatir kejadian seperti yang terjadi di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara, kembali terulang.

Seperti diketahui, Polda Sumatera Utara sebelumnya membongkar praktik penggunaan alat rapid test antigen bekas di Bandara Kualanamu.

"Jangan sampai kejadian di Sumut terjadi di kita. Tapi saya yakin itu tak terjadi. Kalau memang hasil pemeriksaan di lapangan ada indikasi tindak pidana, akan diproses dengan hukum yang berlaku," ujar Supriadi.


Sebelumnya, seorang calon penumpang pesawat di Bandara SMB II Palembang menjadi korban salah input data.

Petugas rapid test menyatakan dirinya positif Covid-19 berdasarkan tes swab antigen.

Kasus yang dialami penumpang itu menjadi viral di media sosial.

Executive General Manager Bandara SMB II Tommy Ariesdianto mengatakan, marahnya penumpang karena kesalahan petugas kesehatan adalah hal yang wajar.

Sebab, hasil pemeriksaan itu sangat diperlukan penumpang untuk melakukan perjalanan maupun untuk mengetahui kondisi kesehatannya.

"Kenapa customer emosi, menurut saya manusiawi Beliau emosi atas kejadian ini, karena mereka customer ini melakukan pemeriksaan kembali antigen," kata Tommy melalui pesan singkat, Senin.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/02/083318478/kasus-salah-input-data-rapid-test-di-bandara-palembang-ini-tindakan-polda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke