Salin Artikel

1.296 Pemudik Positif Covid-19, Terdeteksi di Pos Penyekatan Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.com - Lebih dari 1.000 orang pemudik terdeteksi positif Covid-19 di sejumlah pos penyekatan di Provinsi Lampung.

Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari pelaksanaan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KYRD) Polda Lampung sejak Sabtu (15/5/2021) hingga Senin (31/5/2021).

Kepala Bidang Humas Polda Lampung, Komisaris Besar Zahwani Pandra Arsyad mengatakan jumlah tersebut didapatkan dari hasil pemeriksaan swab bagi pemudik yang tidak membawa surat keterangan (Suket) bebas Covid-19 dalam perjalanan arus balik.

"Pemudik yang melakukan perjalanan tercatat sebanyak 422.146 orang, yang membawa suket dokumen kesehatan Covid-19 sebanyak 251.752 orang," kata Pandra dalam keterangan pers, Rabu (1/6/2021).

Sedangkan yang tidak membawa suket bebas Covid-19 sebanyak 154.282 orang.

Mantan Kapolres Kepulauan Meranti ini menambahkan, bagi 154.282 orang yang tidak membawa suket tersebut dilanjutkan dengan pemeriksaan Swab Antigen di ruang yang telah disiapkan pada pos pos pemeriksaan oleh tim Satgas Penanganan Covid-19.

"Dari hasil Swab Antigen tersebut didapat hasil sebanyak 1.296 orang positif Covid-19 dan langsung dibawa Satgas penanganan Covid-19 ke rumah sakit rujukan," kata Pandra.

Terkait tren pemudik, kata Pandra, berdasarkan data perbandingan harian selama masa KYRD, yang membawa suket trennya mengalami kenaikan sebanyak 13.779 orang.

"Begitu pula yang tidak membawa suket trennya juga mengalami kenaikan sebanyak 20.997 orang," kata Pandra.


Sedangkan untuk jumlah kendaraan yang tercatat di 7 pos pemeriksaan dan penyekatan, adalah sebanyak 113.594 kendaraan melakukan perjalanan menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung pada masa arus balik.

"Kami akan tetap terus menghimbau kepada pelaku perjalanan menuju Pelabuhan Bakauheni agar tetap melengkapi surat keterangan negatif Covid-19 dari daerah asal sehingga tidak terjadi penumpukkan pemeriksaan Rapid Antigen Covid-19 di Pelabuhan Bakauheni yang dapat menimbulkan klaster baru Covid-19," kata Pandra.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana membenarkan adanya ribuan pemudik yang terkonfirmasi positif Covid-19 sejak 15 Mei hingga 31 Mei 2021 tersebut.

"Ini bukan data provinsi ya, ini data kumulatif dari arus balik kemarin," kata Reihana.

Reihana mengatakan, para pemudik terkonfirmasi Covid-19 itu saat ini sedang menjalani masa isolasi di sejumlah tempat di Lampung Selatan dan Bandar Lampung.

Tempat isolasi di Lampung Selatan yakni di Negeri Baru Resort, Rusunawa Lampung Selatan, Wisma Atlet, Rumah Sakit (RS) Airan, dan RS Bandar Negara Husada.

Sedangkan tempat isolasi di Bandar Lampung yakni di Asrama Haji dan RS Urip Sumoharjo.

Menurut Reihana, para pemudik ini rata-rata pasien tanpa gejala, sehingga hanya menjalani isolasi saja.

"Hanya isolasi, karena tanpa gejala. Yang bergejala itu dikarantina," kata Reihana.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/01/160359578/1296-pemudik-positif-covid-19-terdeteksi-di-pos-penyekatan-lampung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke