Salin Artikel

PKL Malioboro Peringati Hari Lahirnya Pancasila dengan Long March dan Menyanyikan Lagu "Indonesia Raya"

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila. Pada hari ini, para pedagang kaki lima (PKL) di sekitar Malioboro memperingatinya dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya di pinggir jalan Malioboro.

Para pedagang bersiap sebelum 09.30, lalu pada pukul 10.00 WIB mereka sudah berjejer di sisi barat maupun timur Jalan Malioboro dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Setelah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya mereka lanjut menyanyikan lagu Garuda Pancasila.

Tak lama berselang, terdapat rombongan yang melakukan long march dengan menggunakan kendaraan roda tiga dan kendaraan mobil bak terbuka lengkap dengan sound system dengan memutar lagu Indonesia Raya.

Saat rombongan ini melewati, para pedagang bersikap sempurna di sisi barat dan timur jalan.

Ketua Koperasi Paguyuban PKL Malioboro, Tri Dharma Rudiarto mengatakan, aksi ini merupakan aksi spontan yang baru terpikirkan baru pada Senin malam.

Setelah itu, pihaknya melakukan koordinasi dengan menggunakan gawai.

"Memperingati hari lahirnya Pancasila tidak direncanakan sebelumnya tetapi spontanitas direncanakan dari malam koordinasi melalui HP," kata dia saat ditemui di lokasi, Selasa (1/6/2021).

Menurutnya, gerakan ini sekaligus untuk menumbuhkan rasa patriotisme di lingkungan akar rumput Malioboro.


"Saya kira ini baik dalam rangka menumbuhkan patriotisme rasa nasionalisme di akar rumput Malioboro. Kami kumandangkan tadi dan kami dengungkan lagu Garuda Pancasila dan spirit dari Pancasila ini supaya bisa dijiwai segenap kaki lima di Malioboro dari utara ke selatan," ungkap dia.

Dalam gerakan ini, pihaknya melibatkan seluruh pihaknya dengan diikuti oleh ratusan PKL di Malioboro.

"Melibatkan semuanya, baik Tridharma, lesehan, PPKLY semua dan bisa terus ada acara ini spirit nasionalisme rasa keadilan sosial rasa kemanusiaan di antara kita semua," kata dia.

Kepala UPT Pengelolaan Kawasan Cagar Budaya Kota Yogyakarta, Ekwanto mengatakan, pihaknya mengapresiasi gerakan yang dilakukan oleh para PKL Malioboro.

"PKL yang tiap hari bergelut dengan ekonomi pada hari ini selain yang setiap hari jam 10.00 WIB ada Indonesia Raya bergema dilanjutkan dengan Garuda Pancasila. Long march dari titik utara Malioboro sampai selatan semua bersemangat," kata dia.

"Harapan kami ini bisa dipertahankan. Selain bergelut di bidang ekonomi hari ini mereka juga jasmerah, jangan sekali-sekali melupakan sejarah," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/01/143228678/pkl-malioboro-peringati-hari-lahirnya-pancasila-dengan-long-march-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke