Salin Artikel

Video Viral Penumpang Ngamuk Salah Hasil Antigen, Manajemen Bandara Palembang: Itu Manusiawi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Seorang calon penumpang pesawat di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan mendadak viral setelah petugas kesehatan salah input data yang menyatakan dirinya positif Covid-19 berdasarkan tes swab antigen.

Executive General Manager Bandara (SMB) II, Tommy Ariesdianto mengatakan marahnya penumpang karena kesalahan hasil swab antigen yang dikeluarkan petugas kesehatan adalah hal yang wajar.

Sebab, hasil pemeriksaan itu (antigen) sangat diperlukan customer untuk melakukan perjalanan maupun kondisi kesehatannya.

"Kenapa emosi (customer), menurut saya itu manusiawi, atas kejadian tersebut mereka harus melakukan pemeriksaan antigen kembali," kata Tommy lewat pesan singkat, Senin (31/5/2021).

Tommy menjelaskan, petugas kesehatan di Sky Bridge Bandara SMB II Palembang semestinya memberitahukan kepada para customer jika hasil swab antigen didapati positif sehingga bisa dilakukan tindak lanjut dengan melakukan pemeriksaan PCR.

Namun dalam masalah tersebut, petugas tak menyampaikan hasil yang keluar, apakah positif atau negatif.

"Harusnya petugas menyampaikan kembali customer ini memiliki hasil positif dan dilakukan PCR sesuai ketentuan yang berlaku. Mungkin karena kondisinya di lapangan kelihatannya customer ini perlu cepat untuk mengejar pesawat, sehingga tidak melihat lagi hasil PCR ini positif atau negatif,"ujar Tommy.

Meski demikian, Tommy mengaku jika hal tersebut menjadi pelajaran bagi petugas pemeriksaan kesehatan untuk kembali melakukan evaluasi.


Ia pun meminta petugas kesehatan lebih teliti dalam mengeluarkan hasil rapid antigen maupun GeNose C19 yang dikeluarkan.

"Dalam hal ini, petugas juga harus bertanggung jawab atas hasil yang dikeluarkan, ketika positif harusnya disampaikan kepada customer untuk dilakukan PCR. Ini jadi pelajaran kita semua agar masyarakat memeriksa lagi hasil antigen ataupun GeNose C19," jelasnya.

Sebelumnya, video seorang penumpang di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan mendadak viral lantaran mengaku hasil tes swab Antigennya "dipositifkan" oleh petugas pemeriksaan kesehatan.

Dalam video berdurasi 3.09 detik  yang diupload oleh akun facebook Carl Fornia tersebut, pria yang mengenakan baju biru berkaca mata dan membawa tas selempang warna hitam, nampak mendatangi petugas Farmalab yang ada di tempat pemeriksaan tes kesehatan SMB II Palembang.

Pria itu terlihat kesal lantaran swab antigen yang dikeluarkan petugas menyatakan dirinya positif Covid-19.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/31/152518378/video-viral-penumpang-ngamuk-salah-hasil-antigen-manajemen-bandara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke