Salin Artikel

Viral Video Penumpang Lion Air Protes kepada Pramugari karena Kepanasan, Diduga AC Pesawat Rusak Saat Terbang

KOMPAS.com - Rekaman video yang memperlihatkan seorang penumpang memprotes pramugari pesawat Lion Air viral di media sosial.

Dalam video tersebut, seorang penumpang yang diketahui merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Solo, Siti Muslikah tampak kesal dengan pelayanan yang diberikan.

Pasalnya, dirinya dan penumpang lain di dalam pesawat itu merasa kepanasan saat terbang Solo-Bali lantaran pendingin udara tidak menyala.

Saat kejadian itu, Muslikah sempat menanyakan kondisi itu kepada sang pramugari. Namun, sang pramugari menjawab jika ada kerusakan pada pendingin udara.

"AC (air conditioner/pendingin udara)-nya rusak dalam perbaikan," kata pramugari.

"Lah kok bisa diputuskan terbang," sebut Muslikah dalam video.

Saat dikonfirmasi, Muslikah membenarkannya. Menurutnya, kejadian itu terjadi pada Kamis (27/5/2021) saat dirinya ingin melakukan kunjungan kerja ke Bali.

Saat itu pendingin udara dirasakan tidak menyala sekitar 30 menit sebelum lepas landas.

Tapi saat mulai terbang, pendingin udara sempat menyala namun belum bisa mengusir panas.

"Kondisi kita banyak di pesawat yang kepanasan, setelah take off nyala sih tapi anginnya dikit," katanya.

Terkait kondisi itu, dirinya sangat kecewa dengan pelayanan yang diberikan oleh maskapai penerbangan tersebut.

"Bagaimana tidak kecewa, sepanjang kami di pesawat sangat kepanasan dan itu memaksakan kehendak, untung selamat," kata Muslikah.

Ia berharap kejadian serupa tidak terulang dan pihak maskapai penerbangan harus melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum mengangkut penumpang.

Sementara itu, Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, mengklaim sudah melakukan pemeriksaan terhadap pesawat Boeing 737-900ER bernomor penerbangan JT-924 yang ditumpangi anggota dewan tersebut.

Sebab, pemeriksaan pesawat sebelum terbang merupakan bagian dari standar operasional prosedur (SOP).

"Sehubungan dengan keluhan dari penumpang mengenai sistem pendingin udara, perlu Lion Air sampaikan bahwa sebelum keberangkatan pesawat (pre flight check) telah menjalani pemeriksaan secara menyeluruh," kata Danang lewat keterangan tertulisnya, Jumat (28/5/2021).

Setelah adanya protes itu, pihaknya juga kembali melakukan pemeriksaan armada. Hasilnya semua komponen pendingin udara pesawat dipastikan tidak ada kerusakan.

"Lion Air menjelaskan, sistem pendingin udara senantiasa dinyalakan (aktif dan bekerja) pada seluruh penerbangan. Hal ini guna memastikan siklus udara bekerja saat di darat dan maksimal ketika di udara," sebutnya.

Editor : Teuku Muhammad Valdy Arief

Artikel ini telah tayang di TribunSolo.com dengan judul Viral Video Anggota DPRD Solo Marahi Pramugari Lion Air, Gegara AC Mati saat Pesawat Sudah Terbang

https://regional.kompas.com/read/2021/05/29/161045178/viral-video-penumpang-lion-air-protes-kepada-pramugari-karena-kepanasan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke