Salin Artikel

Briptu Mario Sanoy Gugur Diserang 6 OTK di Papua, Jenazahnya Belum Bisa Dievakuasi

KOMPAS.com - Kepala Kepolisian Subsektor Oksamol, Briptu Mario Sanoy gugur dalam penyerangan yang dilakukan 6 orang tak dikenal (OTK) bersenjata di Distrik Oksamol, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Jumat (28/5/2021) pukul 01.30 WIT.

Jenazah almarhum belum dapat dievakuasi oleh aparat keamanan.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal, menuturkan, jenazah korban belum dapat dievakuasi karena lokasi Oksamol yang cukup jauh.

Dari Oksibil ke Oksamol belum ada akses jalan darat untuk kendaraan roda empat, sedangkan masyarakat setempat biasa berjalan kaki selama satu minggu.

Namun, Kamal memastikan, Polres Pegunungan Bintang telah menyewa pesawat komersial untuk melakukan evakuasi.

"Kami tahu kondisi di Pegunungan Bintang cepat berubah sehingga pesawat yang disewa harus memastikan betul kondisi cuaca aman untuk penerbangan," kata Kamal, di Jayapura, Jumat.

Untuk pelaku penyerangan, Kamal belum bisa memastikan apakah mereka termasuk kelompok kriminal bersenjata (KKB) atau bukan.

Tetapi, ia menyebut di Pegunungan Bintang ada beberapa KKB.

"Kami masih terus dalami," kata dia.


Sebelumnya, Briptu Mario Sanoy gugur setelah markasnya diserang.

Polsubsektor Oksamol merupakan bagian dari Polsek Kiwirok yang merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini (PNG).

"Telah dilakukan telepon langsung melalui Aipda Elias Sokaro ke masyarakat Oksamol dan mendapat informasi bahwa sekira pukul 01.30 WIT telah terjadi penyerangan oleh enam OTK bersenjata di Polsubsektor Oksamol, dan mengakibatkan gugurnya Kapolsubsektor Oksamol Briptu Mario Sanoy," ujar Kamal.

Di Polsubsektor Oksamol ada empat personel, namun saat kejadian, korban tengah seorang diri karena dua anggotanya tengah berada di Oksibil untuk belanja logistik dan satu personel lainnya tengah izin sakit ke Jayapura.

(KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDI)

https://regional.kompas.com/read/2021/05/28/133245978/briptu-mario-sanoy-gugur-diserang-6-otk-di-papua-jenazahnya-belum-bisa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke