Salin Artikel

Listrik di Hampir Seluruh Wilayah Kaltim Padam, Tagar #KaltimBlackout Trending

Tagar #KaltimBlackout pun menjadi trending di media sosial.

Daerah yang dilaporkan mengalami pemadaman listrik antara lain Balikpapan, Samarinda, Bontang, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, hingga Paser.

Pemadaman listrik ini dilaporkan mulai berlangsung pada sekitar 13.29 Wita.

Manager Kantor Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) Perusahaan Listrik Negara (PLN) Kalimantan Timur Rahmatan belum mengetahui penyebab padamnya aliran listrik tersebut.

Namun, ada dugaan terjadi gangguan tranmisi suplai tenaga listrik pada sistem Mahakam.

"Sistem Mahakam itu mencakup Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah," jelasnya.

Sedangkan Hubungan Masyarakat PLN Wilayah Induk Kaltimra Zulkarnain mengatakan, pemadaman ini diakibatkan gangguan di sistem Mahakam.

Zulkarnain belum bisa memastikan waktu pasti listrik akan kembali normal.

Hanya saja, dia mengklaim, petugas PLN tengah berupaya untuk mengembalikan suplai listrik yang sempat terganggu.


Menurutnya, pada 16.00 Wita, sudah ada sebagian daerah di Kaltim yang sudah kembali teraliri listrik.

"Sebagian pelanggan di Kaltim secara bertahap sudah menyala mulai Muara Komam (Paser) ke arah Balikpapan," kata Zulkarnain melaui pesan singkat.

Terkait pemadam listrik massal ini, General Manager PLN Kaltimtara Saleh Siswanto menyatakan bakal memberikan kompensasi berupa potongan tagihan listrik pada bulan berikut.

"Sehingga memang banyak terkena dampak mengenai kompensasi taat kepada aturan kementerian ESDM di mana kami ada pemadaman yang melebihi impact layanan kami otomatis masyarakat mendapatkan kompensasi," kata Saleh.

"Kami sistem aplikasi APKT di mana tersistem otomatis dalam satu bulan berapa jam padamnya. Jika lewat dari ketentuan pelanggan otomatis mendapatkan kompensasi potongan listrik bulan berikutnya," sambungnya.

 

Artikel ini telah tayang di TribunKaltim.co dengan judul Trending #KaltimBlackout di Medsos, GM PLN UIW Kaltimra Bantah Kabar Pemadaman Listrik hingga 18 Jam.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/27/230430678/listrik-di-hampir-seluruh-wilayah-kaltim-padam-tagar-kaltimblackout

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke