Salin Artikel

Puluhan Orang di Satu Padukuhan di Bantul Positif Covid-19

YOGYAKARTA,KOMPAS.com- Sebanyak puluhan warga terkonfirmasi positif Covid-19 di Padukuhan Kembangan-Kutu, Kalurahan Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 sudah menjalani perawatan di rumah sakit rujukan Covid-19 dan shelter milik Pemkab Bantul hingga shelter milik kalurahan.

Dukuh Kembangan-Kutu Wagino mengatakan, kasus ini bermula dari salah seorang warga RT 07 memeriksakan ke rumah sakit swasta di Bantul saat hari raya Idul Fitri.

Saat itulah yang bersangkutan diketahui terinfeksi Covid-19 dan langsung dirawat.

Petugas medis lantas melakukan tracing kontak erat terhadap yang bersangkutan.

"Hasil tracing, menulari istri, anak, pembantu dan karyawannya mencapai 13 orang. Jadi total ada 14 orang yang positif Covid-19," kata Wagino saat dihubungi wartawan, Senin (24/5/2021)

Wagino menjelaskan, tracing tidak hanya menyasar wilayahnya, tetapi juga di Padukuhan Kraton, Kalurahan Mulyodadi. Namun pihaknya belum mengetahui hasilnya untuk wilayah lain.

Sementara kasus terkonfirmasi juga muncul di wilayah Padukuhan Kembangan-Kutu di RT 06. Awalnya seorang pria yang bekerja sebagai juru parkir di Kota Yogyakarta dinyatakan positif saat memeriksakan diri ke salah satu rumah sakit beberapa waktu lalu.

"Terus dilakukan tracing kontak erat dan hasilnya istri, anak dan cucu sebanyak tujuh orang positif Covid-19. Dan total ada delapan orang yang terpapar," kata Wagino.

Dijelaskan, hingga kini jika ditotal ada 22 terkonfirmasi positif, dan mereka sudah menjalani perawatan di rumah sakit rujukan Covid-19 dan shelter milik Pemkab Bantul hingga shelter milik kalurahan.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bantul, Sri Wahyu Joko Santosa membenarkan adanya warga di Padukuhan Kembangan-Kutu. Namun demikian sampai saat ini belum bisa dikatakan klaster karena sumbernya penularannya berbeda.

Dikatakannya, shelter di kalurahan harus bersiap menerima pasien terkonfirmasi positif tak bergejala. Sedangkan yang bergejala dirujuk ke rumah sakit lapangan atau rumah sakit rujukan Covid-19.

"Setiap kalurahan yang punya shelter harus bersiap menerima pasien positif COVID-19," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/25/071339578/puluhan-orang-di-satu-padukuhan-di-bantul-positif-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke