Salin Artikel

Ruang Covid-19 di RSUP M Djamil Padang Penuh, Pasien Menumpuk di IGD

Pihak RSUP M Djamil Padang mulai kesulitan karena pasien sudah mulai menumpuk di ruangan Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Mereka yang menumpuk di IGD sedang menunggu hasil tes cepat molekuler (TCM) untuk menentukan positif Covid-19 atau tidak.

"Kondisi pagi ini sudah semua tempat tidur untuk pasien Covid-19 sudah terisi penuh," kata Direktur Umum, Sumber Daya Manusia (SDM) dan Pendidikan RSUP M Djamil Padang Dovy Djanas saat dihubungi Kompas.com, Jumat (21/5/2021).

Dovy mengatakan, saat ini RSUP M Djamil sedang mengebut penambahan ruangan isolasi baru untuk 80 tempat tidur, dengan 20 di antaranya untuk intensive care unit (ICU).

Dovy berharap, ruangan itu dapat siap dalam beberapa hari ke depan, sehingga sudah bisa dipergunakan.

Selain itu, RSUP M Djamil juga dihadapkan dengan persoalan sumber daya manusia dan peralatan.

"Yang mendesak itu adalah peralatan seperti ventilator yang sekarang sudah digunakan seluruhnya. Kita akan komunikasikan dengan Pemda agar dapat solusinya," kata Dovy.

Dovy mengatakan, meningkatnya jumlah kasus dalam beberapa minggu belakangan membuat ruangan perawatan Covid-19 di RSUP M Djamil Padang penuh.

Apalagi ada kemungkinan peningkatan itu bisa terus terjadi karena usai Lebaran.

"Mudah-mudahan tidak terjadi lonjakan kasus lagi. Dalam beberapa minggu belakangan memang cukup tinggi. Rata-rata di Sumbar bisa 100 kasus per harinya," kata Dovy.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/21/124857578/ruang-covid-19-di-rsup-m-djamil-padang-penuh-pasien-menumpuk-di-igd

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke