Salin Artikel

Kecewa Marak Begal, Massa Bakar Polsek Candipuro Lampung Selatan, Ini Kata Polisi

KOMPAS.com - Mapolsek Candipuro di di Desa Beringin, Jalan Soekarno-Hatta, Lampung Selatan, dibakar massa pada Selasa (18/5/2021).

Akibatnya, ruang Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) rusak parah. Lalu, polisi terpaksa mengevakuasi sejumlah tahanan ke Mapolres Lampung Selatan.

Aksi massa itu diduga dipicu kekecewaan warga yang resah maraknya kasus pembegalan.

Namun, tudingan itu dibantah Kapolsek Candipuro AKP Ahmad Hazuan. Pihaknya saat ini tengah melacak pelaku pembakaran.

"Kami sudah berupaya mengungkap kasus pembegalan. Kami juga berpatroli untuk mencegah adanya kejadian pembegalan itu," kata Ahmad saat dihubungi, Rabu (19/5/2021) dini hari.

Buru pelaku pembakaran

Ahmad mengatakan, sebelum terjadi kebakaran, ratusan warga desa menggelar aksi demonstrasi di depan mapolsek.

Saat itu warga mendesak polisi segera menangani dan memberantas aksi pembegalan. Lalu, di tengah-tengah aksi itu, api tiba-tiba berkobar dan melalap sebagian ruangan.


Peristiwa itu sempat terekam dan videonya viral di media sosial. Di sejumlah grup WhatsApp, video itu diberi keterangan "warga geram kasus begal marak kantor polsek Candipuro dibakar".

Lalu, saat api mulai membesar, ratusan warga terdengar bertepuk tangan. Terdengar juga narasi perekam video yang mengatakan pembakaran terjadi lantaran kepolisian setempat dianggap tidak peduli dengan aksi pembegalan yang terjadi belakangan ini.

"Demo... Demo... Masyarakat mengeluh polisi kurang tanggung jawab dengan tugasnya. Banyak begal yang lolos di Desa Beringin," kata narator video.

(Penulis : Kontributor Lampung, Tri Purna Jaya | Editor: David Oliver Purba)

https://regional.kompas.com/read/2021/05/19/071844478/kecewa-marak-begal-massa-bakar-polsek-candipuro-lampung-selatan-ini-kata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke