Salin Artikel

Destinasi Wisata Ditutup Selama Libur Lebaran, Pesisir Selatan Kehilangan PAD Rp 600 Juta

Pada 2019 atau sebelum pandemi Covid-19, tercatat 340.000 wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata andalan Pesisir Selatan, yakni Pantai Carocok dan Kawasan Mandeh.

"Sebelum Covid-19 tahun 2019, tercatat ada 340.000 wisatawan yang berkunjung ke objek wisata selama libur Lebaran. PAD yang dikumpulkan sampai Rp 600 juta," kata Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar yang dihubungi Kompas.com, Senin (17/5/2021).

Menurut Rusma, uang sebanyak Rp 600 juta itu hanya berasal dari retribusi pintu masuk obyek wisata. Jumlah itu belum termasuk perputaran ekonomi yang terjadi saat itu.

"Perputaran ekonomi ini yang banyak. Berapa banyak uang yang dibelanjakan wisatawan di sini. Miliaran lebih," kata Rusma.

Pemkab Pesisir Selatan harus rela kehilangan PAD senilai Rp 600 juta itu demi kesehatan dan keselamatan masyarakat.

"Ini kebijakan pemerintah yang harus kita dukung demi kesehatan kita bersama," kata Rusma.

Menurut Rusma, penutupan obyek wisata selama libur Lebaran berakhir hari ini.

Pihaknya bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah serta kepala Organisasi Perangkat Daerah terkait akan membahas evaluasi dan kebijakan selanjutnya.

"Nanti kita rapatkan. Apakah akan tetap kita lanjutkan penutupan atau kita buka, lihat saja nanti hasil keputusannya," jelas Rusma.


Sebelumnya, ribuan warga yang hendak berkunjung ke objek wisata di Pesisir Selatan, Sumatera Barat disuruh putar balik.

Mereka yang datang pada umumnya dari luar Pesisir Selatan terpaksa memutar kendaraannya karena dicegat tim terpadu Pemkab Pesisir Selatan.

"Objek wisata kita tutup hingga Senin besok. Dari sejak libur Lebaran sudah ada ribuan kendaraan yang kita suruh putar balik," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Pemkab Pesisir Selatan, Dailipal yang dihubungi Kompas.com, Minggu (16/5/2021).

Penutupan objek wisata, kata Dailipal, sesuai dengan kebijakan Bupati Rusma Yul Anwar untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Salah satu dasar penutupan objek wisata itu karena Pesisir Selatan berada di zona oranye.

"Sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19 makanya objek wisata yang berpotensi menimbulkan kerumunan ditutup," jelas Dailipal.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/17/090828578/destinasi-wisata-ditutup-selama-libur-lebaran-pesisir-selatan-kehilangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke