Salin Artikel

Penyekatan Mudik di Kabupaten Bogor, Polisi Sebut 20.112 Kendaraan Diputar Balik

BOGOR, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Bogor melaporkan, ada sebanyak 43.662 jenis kendaraan yang diperiksa petugas di delapan titik pos penyekatan jalur mudik 2021.

Dari jumlah itu, total kendaraan yang diputar balik sebanyak 20.112 unit selama periode 6-16 Mei atau 11 hari kebijakan larangan mudik.

"Update sampai malam ini sudah ada 43.662 kendaraan diperiksa, di antaranya ada 20.112 unit kendaraan yang kita putar balik," kata Kapolres Bogor AKBP Harun kepada wartawan di pos penyekatan Simpang Gadog, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (16/5/2021).

Harun mengatakan bahwa lonjakan kendaraan terjadi pada 13-14 Mei atau sehari setelah Idul Fitri.

Dalam dua hari terakhir itu, jumlah kendaraan yang diperiksa atau nekat mudik di perbatasan Kabupaten Bogor meningkat drastis yakni sebanyak 11.609 kendaraan.

Sedangkan untuk kendaraan yang diminta memutar balik ada 6.477 unit.

Angka tersebut merupakan kalkulasi dari hitungan operasi penyekatan di semua perbatasan wilayah Kabupaten Bogor.

"Yang paling banyak hari H Lebaran dan sehari setelah Lebaran. Dalam sehari ada ribuan yang diperiksa dan kita putar balik," sebut Harun.

Sejak kebijakan larangan mudik, petugas gabungan dari Polisi, TNI, Satpol PP dan dinas perhubungan juga memasang papan informasi penyekatan.

Selama itu pula, sambung Harun, polisi membuat rekayasa lalu lintas di setiap pos penyekatan seperti di Puncak Bogor.

Tak jarang ada pengendara yang mencari cara agar bisa lolos dari pos penyekatan, di antaranya menggunakan joki dan mendebat petugas di lapangan.

Ketika berhadapan dengan masyarakat yang tak terima diputar balik itu, petugas juga diingatkan untuk mengontrol emosi dan menjaga jarak.

"Kendalanya ada saja warga menolak diputar balik. Ya itu semuanya hanya nyoba-nyoba biar bisa lolos, tapi tetap saja kita putar balik," ujarnya.

Untuk menjaga keselamatan petugas dari paparan Covid-19, Harun memastikan bahwa pihaknya telah memberikan vitamin, masker, dan hand sanitizer kepada anggota di lapangan.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/16/222424178/penyekatan-mudik-di-kabupaten-bogor-polisi-sebut-20112-kendaraan-diputar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke