Salin Artikel

6 Pemudik Reaktif Berdasarkan Tes Antigen di Pos Balonggandu Karawang

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah IX Jawa Barat Denny Michels Adlan mengungkapkan, sebanyak 1.526 pemudik menjalani tes antigen di Pos Balonggandu sejak Sabtu (15/5/2021) hingga Minggu (16/5/2021) pukul 12.00 WIB.

"Di mana yang positif (antigen) itu ada enam. Tiga hari ini dan tiga kemarin," ujar Denny di posko rest area pengendalian transportasi Balonggandu, Jatisari, Karawang, Minggu (16/5/2021).

Denny mengatakan, kenam orang itu merupakan tanpa gejala. Petugas medis juga telah melakukan screening terhadap enam orang itu.

Petugas berkoordinasi dengan puskesmas di Karawang untuk berkomunikasi dengan puskesmas atau rumah sakit di tempat domisili enam orang itu melalui aplikasi daring.

"Jadi mereka terdeteksi (jika pergi) kemana-mana," ujar Denny.

Pemudik yang rata-rata dari Jawa Tengah itu diharuskan melakukan tes polymerase chain reaction (PCR) di daerah tujuan. Mereka pun wajib melakukan isolasi setelah sampai di kota tujuan dengan pengawasan Satgas Penanganan Covid-19 setempat.

"Saat pemeriksaan kita tanya dulu mau isolasi di sini atau kota tujuan," kata dia.

Denny menyebut rapid test antigen acak akan dilakukan selama 24 jam dengan target semaksimal mungkin.


Tes cepat itu, kata dia, membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit tergantung antrean dan kepadatan lalu lintas.

"Sifatnya random sampling. Kita juga menyediakan tempat istirahat," ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengungkapkan, rapid test antigen di jalur arteri akan dilakukan di tiga titik. Yakni di perbatasan Cirebon, Lohbener Indramayu, dan Balonggandu, Karawang.

Sementara untuk jalur tol akan dilakukan di 21 rest area dari Surabaya hingga Jakarta. Di wilayah Karawang ada tiga, yakni rest area kilometer 62, 47, hingga 42 tol Jakarta-Cikampek.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/16/221324078/6-pemudik-reaktif-berdasarkan-tes-antigen-di-pos-balonggandu-karawang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke