Salin Artikel

Kasus Pria Hina Palestina Viral di TikTok, Polisi Minta Masyarakat Tenang dan Tidak Terpancing Isu

KOMPAS.com - Kasus video viral seorang pria diduga menghina negara Palestina telah ditangani anggota Mapolres Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kasubbag Humas Polres Lombok Barat AKP Agus Pujianto pun meminta masyarakat untuk tetap tenang dan tak terprovokasi.

“Kasusnya sudah kami tangani dan sedang didalami sehingga diimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang, tidak terpancing oleh isu-isu yang ingin memperkeruh situasi di Lombok Barat yang kondusif ini,” kata Agus, Minggu (16/5/2021).

Sementara itu, menurut penjelasan Kasat Reskrim Lombok Barat AKP Dhafid Shiddiq, pria di video TikTok tersebut berinisial HL (23),

Pria itu tercatata warga Kecamatan Gerung, Lombok Barat. HL mengaku, video itu dibuat saat senggang dan hanya untuk iseng.

Namun demikian, polisi menganggap tindakan HL telah sengaja menyebarkan informasi yang berpotensi menimbulkan rasa kebencian terhadap antar suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA).


Saat ini, HL telah ditangkap usai dilaporkan seorang warga bernama Zainudin Pratama dengan nomor :LP/207/V/2021/NTB/Resor Lobar, tanggal 15 Mei 2021.

"Pasal yang disangkakan Pasal 45A ayat (2) Jo Pasal 28 ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE," kata Dhafid dikonfirmasi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (16/5/2021). 

Klarifikasi dan minta maaf

Setelah viral, HL mengaku menyesal dan meminta maaf. Permintaan maafnya diunggah di akun TikTok miliknya, @ucokbangcok.

Menurutnya, ia salah persepsi soal bangsa Palestina yang kini sedang berkonflik dengan Israel.

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, tolong dimaafkan atas kekhilafan saya, dan saya cuma salah paham aja. Dan saya salah sebut, ternyata yang menjajahnya itu adalah Israel, Israel fuck you, mohon maaf ya atas kekhilafan saya".

Seperti diketahui, HL mengunggah video berdurasi 13 detik di TikTok pada Sabtu (15/5/2021).

Dalam video itu, HL mengenakan kaos hitam menari diiringi musik dengan lirik yang tidak pantas yang ditujukan kepada Palestina.

Setelah viral, video itu mendapat banyak kecaman dan komentar dari warganet.

(Penulis: Kontributor Lombok Tengah, Idham Khalid | Editor: David Oliver Purba)

https://regional.kompas.com/read/2021/05/16/162134978/kasus-pria-hina-palestina-viral-di-tiktok-polisi-minta-masyarakat-tenang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke