Salin Artikel

Kisah Briptu Reza, Anggota Polda Lampung yang Tetap Bertugas di Malam Takbiran

LAMPUNG, KOMPAS.com - Malam takbiran seharusnya menjadi momen yang penuh kekhusyukan bagi umat Islam dalam menyambut Lebaran esok paginya.

Namun, kerinduan mengumandangkan kalimat takbir bersama keluarga itu terpaksa ditekan dalam-dalam oleh Briptu Reza (27).

Anggota Polda Lampung tersebut mendapat tugas giliran berjaga di Pos Pantau Operasi Ketupat Krakatau 2021.

"Piket mulai jam 8 tadi pagi sampai ke nanti malam, jam 12. Pulang ke rumah, ya orang rumah sudah tidur mungkin," kata Reza saat ditemui, Rabu (12/5/2021) siang.

Selain menjaga kondisi keamanan dan ketertiban, tugasnya juga sebagai anggota posko penyekatan pemudik di pintu masuk Kota Bandar Lampung.

Menurutnya, tugas pada tahun ini benar-benar menguras emosi.

Pasalnya, di saat orang lain berkumpul dengan keluarga di malam Idul Fitri, Reza harus siaga memantau pemudik yang berusaha masuk Kota Bandar Lampung.

"Rencananya mau pulang sebentar ke rumah orangtua di Pringsewu. Tapi, ya mau bagaimana lagi, kebetulan lagi tugas. Untung orang rumah sudah biasa dan mengerti," tutur Reza.

Di sisi lain, Reza sangat paham kondisi Lampung terkini terkait pandemi yang terjadi sekarang.

Reza tak habis pikir, di saat penyebaran Covid-19 yang makin tidak terkendali, masih banyak masyarakat yang nekat keluar masuk provinsi.

"Tadi malam saya dengar info, ada yang nyoba nerobos di (Pelabuhan) Merak. Lah kok nekat ya, ini di Lampung aja nambah terus (kasus Covid-19)," kata Reza.

Hal senada disampaikan Kepala Pos Pengamanan Sukarame Ipda Daryanto.

Daryanto menilai, seharusnya masyarakat bisa mengerti kondisi yang terjadi sekarang ini.

"Kalau masyarakatnya masih ngotot ya enggak bakal usai (pandemi)," kata Daryanto.

Daryanto mengaku tidak berharap muluk-muluk atas kondisi ini.

Tugas berjaga di malam takbiran pun dijalaninya dengan ikhlas.

"Insyaallah ikhlas mas. Ini tanggung jawab kita juga untuk bertahan sekarang," kata Daryanto.

Sementara itu, Sertu Suriyanto, anggota TNI yang juga berjaga di malam takbiran mengatakan, pihaknya berusaha tetap waspada.

"Takutnya, pas hari Lebaran, misalnya pos yang di Mesuji jebol, pasti banyak yang masuk ke sini," kata Suriyanto.

Operasi Kemanusiaan

Kabid Humas Polda Lampung, Komisaris Besar Zahwani Pandra Arsyad (Pandra) mengatakan, setiap personel diharapkan bertindak secara humanis dan mengedepankan dialog persuasif dalam penegakan aturan.

"Operasi Ketupat Krakatau kali ini adalah operasi kemanusiaan untuk mencegah penyebaran covid-19," kata Pandra yang juga Kasatgas Bantuan Operasional (KBO) Operasi Ketupat Krakatau 2021 tersebut.

Dalam penguatan personel tersebut, Pandra mengingatkan sejumlah poin penting sehubungan dengan surat edaran Gubernur Lampung terkait Idul Fitri.

"Personel juga harus sadar, mereka harus melindungi dirinya sendiri. Jadi tetap wajib menerapkan protokol kesehatan," kata Pandra.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/12/220310478/kisah-briptu-reza-anggota-polda-lampung-yang-tetap-bertugas-di-malam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke