Salin Artikel

1 Juta Pemudik Berpotensi Tiba di Jateng, Ganjar Minta Pemeriksaan Dilakukan Sampai Tingkat RT

Melihat kondisi itu, Ganjar meminta bupati dan wali kota agar melakukan pengecekan kesehatan pemudik hingga ke tingkat RW dan RT. 

"Kalau melihat pengalaman tahun lalu sekitar 1 jutaan, maka kita sudah memperkirakan sebelumnya. Maka kita minta pengetesan hingga di level paling bawah," kata Ganjar, saat mengecek posko penyekatan di pintu masuk terminal Kota Tegal, Minggu (9/5/2021).

Ganjar menambahkan, berdasarkan catatan yang masuk ke aplikasi Jogo Tonggo, baru sekitar 6-8 persen pemudik yang melapor.

"Angkanya baru sekitar 10 ribuan pemudik. Tapi catatan dari Perhubungan dari asumsi-asumsi angkutan yang masuk, sudah ada 632 ribuan pemudik," kata Ganjar.

Ganjar menyebut, sepanjang perjalanan ke Kota Tegal, arus lalu lintas kendaraan pemudik memang terlihat sepi.

Meski begitu, Satgas Jogo Tonggo diminta tetap memeriksa masyarakat yang nekat mudik dan lolos penyekatan hingga ke tingkat kelurahan.

"Seperti pengalaman di Banyumas menarik sekali karena suami pulang mudik dilaporkan oleh istrinya, untuk cek kesehatan dulu. Di Banyumas yang datang harus isolasi lima hari. Memang tidak semua kabupaten kota melakukan itu," kata Ganjar.

Menurutnya, cara di Banyumas cukup efektif sebagai upaya antisipasi penyebaran Covid-19.

"Dan ini cara yang paling bagus meskipun saat dicek negatif. Ketentuan pemudik ketahuan ya isolasi lima hari dan ini yang dipakai Banyumas dan cukup mengedukasi masyarakat," katanya.


Ganjar mengaku berterima kasih bagi warga Jawa Tengah yang mengikuti aturan pemerintah untuk tidak mudik pada 6-17 Mei.

"Kita tidak sedang melarang orang bepergian, namun ini dalam konteks untuk menjaga agar penularan pandemi tidak meluas, bisa kita tahan, sebagai antisipasi," katanya.

Usai dari posko penyekatan, Ganjar yang didampingi Wali Kota Dedy Yon, Dandim 0712 Letkol Inf Sutan Pandapotan, dan Kapolres AKBP Rita Wulandari mengecek Rusunawa Tegalsari sebagai tempat isolasi pasien Covid-19.

Di Rusunawa Tegalsari, terdapat sembilan pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi. Seorang di antaranya merupakan pemudik yang setelah dites cepat antigen positif.

Setelah dari Rusunawa, rombongan kemudian menuju Pelabuhan Jongor Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/09/145522778/1-juta-pemudik-berpotensi-tiba-di-jateng-ganjar-minta-pemeriksaan-dilakukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke