Salin Artikel

Evaluasi Hari Ke-1 Larangan Mudik di Jabar: Ada Protes Pekerja, Antrean Kendaraan Menumpuk, gara-gara Kurangnya Petugas Pos Penyekatan

Selain itu, di KM 31 tol Cikarang mengalami penumpukan kendaraan yang mengakibatkan puluhan orang yang berstatus buruh melakukan protes turun ke jalan sebab tidak bisa masuk ke jalur tol itu. Protes buruh tersebut akibatnya KM 31 tol Cikarang dibuka.

"Jadi yang kita temukan itu kurangnya personil dan kurangnya manuver untuk memutar balik sehingga itu terjadi penumpukan kendaraan," ujar Bambang Hermanto Anggota Komisi V DPR RI, di Rest Area Indramayu dimintai keterangan, Kamis (6/5/2021).

Bambang sendiri mengecek KM 31 di GT Cikarang Barat. Menurutnya protes buruh tersebut disebabkan kurangnya petugas penjagaan penyekatan sehingga pengecekan surat-surat bebas Covid-19 bagi pengendara lambat dan terjadi antrean banyak kendaraan.

"Seperti yang kita lihat pagi itu, ada penyekatan karena tidak adanya keseimbangan jumlah tenaga personil Polri yang mengecek surat-surat mobil sehingga terjadilah penumpukan kendaraan yang begitu panjang," ucap Bambang.

Bambang sendiri menjelaskan, kejadian tersebut seharusnya pemerintah mengevaluasi hari pertama larangan mudik, terutama soal kekurangan petugas penjagaan serta tumpukan kendaraan di titik-titik tertentu.

"Saya lihat sepanjang jalur dari Jakarta sampai Cipali (Cikampek-Palimanan) kondisi jalannya cukup baik. Di hari pertama ini sebenarnya masih mencari cara, masih mencari pola. Penyekatan ini polanya atau caranya masih dicari," terang Bambang.


Sementara itu, di Indramayu Jawa Barat sendiri, di hari pertama larangan mudik kepolisian berhasil memutarbalikan 24 kendaraan. Penyekatan tersebut di GT Cikedung, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu.

"Penyekatan ini dimulai malam tadi pada 00.00 WIB. Kemarin kami kepolisian telah gelar pasukan dan di hari ini kurang lebih 24 kendaraan berhasil diputar balik," kata Kapolres Indramayu AKBP Hafidh S Herlambang.

Hafidh sendiri di Indramayu telah dibuat 7 pos penyekatan yakni di GT Cikedung, Pantura Bundaran Patrol, Pantura Perbatasan Cibogo-Gantar, Pantura Desa Gadel, Pantura Simpang Tiga Cikawung, Pantura Bundaran Candangpinggan dan Jalan Kerangkeng, perbatasan Indramayu-Cirebon.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/07/070938878/evaluasi-hari-ke-1-larangan-mudik-di-jabar-ada-protes-pekerja-antrean

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke