Salin Artikel

Siap-siap, Pemudik yang Nekat Masuk Nganjuk Akan Di-swab Acak

Swab test itu dilakukan ke pemudik yang tak mengantongi surat keterangan sehat atau bebas Covid-19.

“Iya, jadi itu (swab PCR) secara acak, dilakukan secara acak. Jadi nggak setiap orang masuk dites,” jelas Kasat Lantas Polres Nganjuk, AKP Marita Dyah Anggraini, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (5/5/2021).

Tiga titik penyekatan

Marita menuturkan, pihaknya bersama stakeholder terkait mulai dari Kodim 0810, Dishub, dan Satpol PP Nganjuk telah menyiapkan tiga titik penyekatan.

Ketiga titik penyekatan itu berada di Pos Pengamanan Exit Tol Begadung, Pos Pengamanan Sambikerep, dan Pos Pengamanan Numpu. Pos-pos ini akan beroperasi 24 jam mulai tanggal 6-17 Mei 2021.

“Terus pos layanan ada satu di Terminal (Anjuk Ladang),” paparnya.

Menurut Marita, petugas di tiga titik penyekatan itu akan mengecek setiap pengendara yang melintas, terutama mereka yang berasal dari luar wilayah Rayon IV.

Sementara pengendara yang berasal dari Rayon IV, meliputi Nganjuk, Kediri, Jombang, Tulungagung, dan Trenggalek masih diperbolehkan melintas.

“Iya (penyekatan untuk) luar rayon. Jadi kalau misalnya dari Kediri ke Nganjuk, atau dari Jombang ke Nganjuk itu masih bisa. Tapi kalau dari Mojokerto atau dari Bojonegoro atau dari Madiun itu sudah nggak bisa,” sebutnya.

Kendati demikian, lanjut Marita, pihaknya akan memperbolehkan pengendara dari luar Rayon IV melintas. Asal pengendara itu membawa dokumen-dokumen yang diperlukan.

Misalnya, bagi ASN, TNI, dan Polri wajib membawa surat izin pimpinan minimal eselon II dengan tanda tangan basah.

Lalu, untuk pegawai BUMN harus membawa surat izin dari pimpinan tempat bekerja.

“Untuk masyarakat wajib membawa surat izin dari kades atau lurah setempat. Bagi yang tidak membawa surat izin diminta untuk kembali. Kemudian pemudik juga harus membawa surat keterangan sehat atau bebas Covid-19” ujar Marita.

Sementara Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Nganjuk, Sujito menambahkan, pihaknya akan menerjunkan 89 personel untuk berjaga di tiga titik penyekatan tersebut.

Selain itu, personel Dishub juga akan ditempatkan di pos pantau di wilayah perbatasan lainnya. Seperti di Kecamatan Kertosono yang berbatasan dengan Kediri/Jombang, dan Kecamatan Pace yang berbatasan dengan Kediri.

“Di Kertosono meskipun tidak ada (pos penyekatan), tapi kita memasang petugas untuk pos pantau, kita memantau di sana termasuk di Pace, di Gondanglegi, sama Terminal (Anjuk Ladang),” pungkas Sujito.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/05/184140278/siap-siap-pemudik-yang-nekat-masuk-nganjuk-akan-di-swab-acak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke