Salin Artikel

Puluhan Pekerja Migran Masuk Nganjuk, 9 Boleh Pulang, Lainnya Masih Dikarantina

Sedangkan sembilan lainnya sudah diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing, setelah mereka selesai menjalani karantina dan dinyatakan negatif Covid-19.

“Sembilan (PMI) sudah boleh pulang, negatif (Covid-19),” kata Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Nganjuk, Sujito, saat ditemui Kompas.com di kantornya, Rabu (5/5/2021).

Kegiatan penjemputan masih berlangsung

Dishub Nganjuk menjadi OPD yang bertanggungjawab menjemput PMI asal Nganjuk yang dikarantina di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, sepulangnya mereka dari luar negeri.

Sujito menjelaskan, pihaknya melakukan penjemputan PMI di Asrama Haji Sukolilo Surabaya mulai Jumat (30/4/2021) lalu. Kegiatan penjemputan tersebut masih berlangsung hingga saat ini.

Rinciannya, pada Hari Jumat (30/4/2021) petugas Dishub Nganjuk menjemput 3 PMI, Sabtu 3 PMI, Minggu 3 PMI, Senin 4 PMI, Selasa 14 PMI. Teranyar hari ini, 2 PMI dijemput petugas Dishub dari Surabaya.

Mulanya, kata Sujito, para PMI yang dijemput dikarantina di Guest House Nganjuk. Namun karena kapastitas tak mencukupi, akhirnya PMI lainnya dikarantina di Hotel Wisata Karya (Pesanggrahan) Sawahan, Nganjuk.

“Pertama itu (dikarantina) di Guest House. Setelah hari ketiga, Minggu-nya di Pesanggrahan. Kan harus satu (PMI) kamar satu. Meskipun (para PMI yang dijemput) dinyatakan negatif, Nganjuk harus memastikan lagi,” jelas Sujito.

Sujito mengatakan, sesuai prosedur para PMI yang pulang ke Nganjuk harus dikarantina selama dua hari di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Setelah dinyatakan negatif Covid-19, mereka akan dijemput petugas Dishub Nganjuk.

Di Nganjuk mereka masih harus menjalani karantina selama tiga hari lagi. Tempat karantina pertama berada di Guest House Nganjuk, opsi kedua berada di Hotel Wisata Karya (Pesanggrahan) Sawahan.

Seusai tiga hari dikarantina di Nganjuk, para PMI itu masih harus diswab test ulang. Jika dinyatakan negatif Covid-19, maka mereka baru diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing.

Menurut Sujito, 29 PMI yang pulang ke Nganjuk mayoritas bekerja di Malaysia. Lalu ada juga PMI yang baru pulang dari Singapura, Hongkong, dan Taiwan.

“Yang paling banyak memang dari Malaysia,” ungkap Sujito.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/05/164712378/puluhan-pekerja-migran-masuk-nganjuk-9-boleh-pulang-lainnya-masih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke