Salin Artikel

Pemudik Masuk Kulon Progo, Kapolres Tartono: Putar Balik

KULON PROGO, KOMPAS.com - Polisi akan memaksa pemudik kembali ke tempat keberangkatan bila kedapatan hendak lewat pintu penyekatan pada beberapa titik di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Langkah ini bagian dari peniadaan mudik semasa bulan Ramadhan, Idul Fitri 1442 Hijriah hingga hari kenaikan Isa Al Masih semasa Pandemi Covid-19.

Penyekatan sekaligus bagian dari Operasi Ketupat Progo 2021, mulai 6-17 Mei 2021.

“Bila menemukan pelanggaran arus mudik di penyekatan, contohnya di Temon dan di Kalibawang, maka akan kami putar balikkan,” kata Kapolres Kulon Progo, AKBP Tartono, usai Apel Operasi Ketupat Progo 2021 di halaman Mapolres Kulon Progo, Rabu (5/5/2021).

Sebanyak 295 personel gabungan TNI-Polri dan beberapa organisasi lain diterjunkan dalam operasi ini. Salah satunya, personel disiapkan menjaga perbatasan antar provinsi secara shift pagi hingga malam dalam berbagai pos, seperti pos pemantauan di Pasar Baru Sentolo, Temon, Kalibawang, Glagah, dan Kalibiru.

Pos pantau di obyek wisata sekaligus pos pengamanan pada obyek setempat dan sekitarnya. Khusus pos Temon juga jadi pos penyekatan pemudik.

Tartono mengungkapkan, larangan mudik salah satu upaya mencegah meluasnya Covid-19.

Pengecualian diberikan kepada mereka yang bekerja atau sedang melakukan perjalanan dinas yang membawa surat tugas dari pimpinannya. Juga pada mereka yang akan menengok keluarga sedang sakit atau meninggal, ibu hamil dan 1 pendampingnya, memiliki kepentingan melahirkan dan pelayanan kesehatan kedaruratan.

Walau ada larangan mudik, diyakini cukup banyak warga yang sudah lebih dulu tiba beberapa hari lalu.

Bupati Kulon Progo Sutedjo mengingatkan agar satuan tugas Covid-19 di tingkat kalurahan hingga RT ketat mengawasi.

"Mereka yang sudah mudik, harus tidak melakukan aktivitas yang menimbulkan pelanggaran protokol kesehatan," kata Sutedjo usai menjadi pembina Apel Operasi Ketupat Progo 2021 di Polres Kulon Progo.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/05/155825778/pemudik-masuk-kulon-progo-kapolres-tartono-putar-balik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke