Salin Artikel

Ridwan Kamil Minta Petugas Jaga 24 Jam Titik Penyekatan Mudik di Jabar

Hal itu ia sampaikan saat melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2021 di Halaman Depan Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (5/5/2021).

Pria yang akrab disapa Emil itu meminta petugas menyusun jadwal kerja agar para pemudik tidak memanfaatkan celah di jam tertentu.

"Karena ada perbincangan di media sosial, para pemudik curi-curi waktu ketika penjaga tengah beristirahat. Jadi harus dibagi dalam 3 sif dalam 24 jam," ucap Emil.

Terdapat 158 pos penyekatan mudik Lebaran yang sudah disiapkan di perbatasan, jalan tol dan arteri Jabar.

Para petugas akan mencegah masuknya pelaku perjalanan lintas batas wilayah yang nekat mudik.

Selain menjadi daerah tujuan mudik, Jabar menjadi titik pertama masuknya warga DKI Jakarta maupun Banten menuju ke arah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Emil menuturkan, penyekatan akan berlangsung pada 6-17 Mei 2021.

Petugas yang terdiri dari unsur kepolisian, TNI, dan perangkat daerah, sudah menyiapkan skema penyekatan secara komprehensif.

“Penyekatan di Jabar itu terus dilakukan. Ada 158 titik penyekatan termasuk jalan-jalan tikus, dan juga sudah diatur sedemikian rupa oleh tim TNI/Polri,” ujar Emil.


Guna mencegah penularan Covid-19 dari pemudik yang nekat, Emil meminta pemerintah desa dan kelurahan menyiapkan tempat karantina, baik lintas provinsi maupun kabupaten/kota.

Emil berharap, penyekatan dan kebijakan karantina bagi pemudik dapat mengurangi mobilitas masyarakat saat Idul Fitri.

“Karena dalam teorinya, masih ada kelompok orang sekitar 7 persen yang tetap memaksa mudik. Saya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak memaksa melakukan mudik, karena punya potensi membawa keterpaparan kepada orangtua kita yang usianya sepuh dan belum sempat divaksin,” kata Emil.

Dalam apel tersebut, Emil meminta petugas untuk melakukan pendekatan humanis dalam penindakan.

“Saya titip kepada para petugas agar menjadi teladan kepada diri sendiri, masyarakat dan keluarga tentunya. Lakukan juga pendekatan yang tegas tapi humanis dalam penindakan. Tapi harus selalu didahulukan pada edukasi,” kata Ridwan Kamil.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/05/144727478/ridwan-kamil-minta-petugas-jaga-24-jam-titik-penyekatan-mudik-di-jabar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke