Salin Artikel

Guru Susan Ternyata Lumpuh Akibat Penyakit Langka, Pemprov Jabar Siapkan Rumah Singgah

Hasil audit tim Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) menyatakan kelumpuhan yang terjadi terhadap Susan bukan karena vaksinasi, melainkan diagnosis menderita guillain barre syndrome (GBS) yang merupakan penyakit saraf.

Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Jabar Daud Achmad mengatakan, pihaknya siap membantu SA untuk mendapatkan hunian sementara selama pengobatan di Bandung.

Ada dua lokasi yang bisa ditempati oleh Susan, yakni rumah singgah milik Dinas Sosial Provinsi Jabar dan rumah singgah Jabar Bergerak.

Daud juga meyakinkan kepada masyarakat jika kasus yang terjadi pada Susan bukan akibat dari vaksin.

“Kami pastikan bahwa vaksin ini aman kalau pun ada KIPI seperti di Sukabumi ini ternyata bukan karena vaksin melainkan karena GBS,” ujar Daud, Senin (3/5/2021).

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat juga turun tangan dan siap mencari rumah kontrakan di Bandung bagi Susan selama menjalani pengobatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

Menurut Kepala Disdik Jabar, Dedi Supandi, saat ini Susan telah kembali ke rumahnya di Kabupaten Sukabumi usai menjalani rawat inap di RSHS Bandung pada 1-23 April lalu. Namun guru honorer yang bertugas di di SMAN 1 Cisolok, Kabupaten Sukabumi itu harus menjalank rawat jalan setiap pekan ke RSHS Bandung.

"Tapi kan jarak yang begitu jauh dari Sukabumi. Akhirnya dinas memberikan solusi untuk menyediakan kontrakan di Bandung yang berdekatan dengan lokasi RSHS sehingga kontrol rawat jalannya dekat," kata Dedi.

Selain itu, Disdik Jabar pun akan memenuhi kebutuhan Susan selama masa penyembuhan dan rawat jalan di Bandung. Bahkan saat ini para tenaga pendidik serta komunitas bahu membahu mengumpulkan donasi agar bisa membantu Susan.

"Secara bergirilan dari komunitas pendidikan untuk membantu meringankan biaya hidup rawat jalan selama di bandung yang dikoordinir oleh KCD Kabupaten Sukabumi," kata Dedi.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/04/070443078/guru-susan-ternyata-lumpuh-akibat-penyakit-langka-pemprov-jabar-siapkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke