Salin Artikel

3 Pemudik yang Baru Tiba di Wonogiri Positif Covid-19

Ketiganya terdeteksi terpapar virus corona setelah Satgas Covid-19 menggelar swab test antigen acak pada penumpang bus di Terminal Giri Adipura Wonogiri dalam tiga hari terakhir.

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, mengatakan ketiga pemudik yang diketahui terpapar virus corona langsung dikarantina di rumah sakit terdekat.

“Sementara ada tiga pemudik yang dilaporkan positif Covid-19. Tetapi saat ini proses tracing, tracking dan treatment terus kami lakukan menjelang dan pasca-Lebaran,” kata Jekek sapaan akrab Joko Sutopo, saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (3/5/2021).

Pemeriksaan acak tidak hanya dilakukan di lingkungan terminal saja.

Satgas Covid-19 juga menggelar uji swab test antigen di tempat-tempat keramaian yang menjadi lokasi berkerumunnya orang seperti pasar.

Bagi Jekek kebijakan pemerintah melarang mudik tidak perlu diperdebatkan. Pelarangan itu upaya pemerintah agar tidak terjadi ledakan kasus Covid-19.

Untuk itu Pemkab Wonogiri tetap melakukan antisipasi terhadap kondisi yang tidak diharapkan.

Semisal walaupun ada pelarangan namun masih ada warga yang mudik ke Wonogiri.

“Untuk itu Pemkab Wonogiri melakukan langkah persuasif dengan menggelar uji swab antigen dan tracing serta treatment. Dari langkah itu ditemukan pemudik yang positif dan langsung dilakukan penindakan,” kata Jekek.


Jekek mengatakan saat ini Satgas Covid-19 masih menelisik kontak erat ketiga pemudik yang terkonfirmasi positif covid-19.

Agar tidak kecolongan di desa, kata Jekek, ia sudah mengumpulkan seluruh kepala desa agar menjadi palang pintu terakhir mengawasi kedatangan pemudik di kampung halaman.

Seluruh kades diharapkan merangkul tokoh masyarakat, RT dan RW untuk memantau kedatangan pemudik menjelang dan pasca-Lebaran.

“Saya juga minta Kades masif mengumumkan ke warganya agar perantau yang mudik segera memeriksakan di fasilitas kesehatan terdekat untuk memutus mata rantai penularan corona. Jangan sampai pelaku perjalanan sampai menimbulkan klaster baru,” jelas Jekek.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/03/215322078/3-pemudik-yang-baru-tiba-di-wonogiri-positif-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke