Salin Artikel

Ganjar Minta Penyekatan Pemudik Diperketat: Banyak yang Bocor

Sebab, tak bisa dipungkiri banyak masyarakat yang bersikeras ingin mudik ke kampung halamannya di Jawa Tengah.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menegaskan pihaknya telah berkomunikasi dengan pemerintah daerah lain yang berbatasan terkait penyekatan.

"Pertama semua harus dalam narasi yang sama, tidak mudik. Titik enggak ada komanya. Kita mulai mengefektifkan titik-titik penyekatan karena banyak yang bocor," kata Ganjar, usai Rakor Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan dan Penanganan Covid-19 di Daerah secara daring dipimpin oleh Mendagri di Ruang Rapat Gedung A, Senin (3/5/2021).

Pemprov Jateng juga sudah berkomunikasi dengan Pemprov lain terutama pemudik yang menggunakan kendaraan umum tapi tidak berangkat dari terminal.

“Termasuk kemarin Pak Sekda kita juga sudah komunikasi dengan Sekda DKI. Terkait dengan banyaknya pemudik yang ketika naik angkutan umum wabil khusus bus, tidak berangkat dari terminal. Maka mereka ini berangkatnya dari pool, nah yang dari pool itu tidak ada yang dites,” jelasnya.

Ganjar mengatakan berkaca dari kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Pati harus jadi pembelajaran.

Sebab awal mula klaster di Pati adalah seorang warga yang nekat mudik dan menggelar acara.

“Maka koordinasi hari ini adalah, kita melakukan penjagaan dan sekali lagi kita mohon dukungan dari masyarakat untuk tidak mudik dulu,” tegasnya.

Tak hanya Pati, Ganjar menyoroti beberapa daerah lain yang patut diwaspadai, di antaranya Banyumas, Purbalingga, hingga Cilacap.


“Nah kita juga mengawasi beberapa daerah yang mengalami peningkatan, rasa-rasanya, hari ini musti kita waspada betul karena sepertinya masih ada yang bersikeras untuk pengen mudik,” tegasnya.

Ganjar juga meminta seluruh pendatang yang memasuki wilayah di Jateng wajib melakukan tes cepat antigen.

"Maka tempat isolasi kita on-kan semua termasuk di rumah sakit. Dishub akan berikan informasi harian berapa orang yang msuk ke Jateng," katanya.

Kendati demikian, Ganjar tetap meminta masyarakat agar tidak mudik dulu agar bisa menjaga semuanya.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/03/183200978/ganjar-minta-penyekatan-pemudik-diperketat-banyak-yang-bocor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke