Salin Artikel

Sebuah Tugboat Terbakar dan Karam Dekat Pelabuhan Internasional Kijing

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, tapi kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Kepala Bidang Humas Polda Kalbar Kombes Pol Donny Charles Go mengatakan, kapal kayu tersebut merupakan kapal yang bekerja sebagai pembawa pipa saluran crude palm oil (CPO) dari PT Energi Unggul Persada Sungai Limau ke Dermaga Terminal Kijing Sungai Kunyit.

“Kapal tersebut telah beroperasi sejak 15 April 2021 sampai dengan sekarang,” kata Donny saat dihubungi Kompas.com, Minggu (2/1/2021).

Donny menjelaskan, peristiwa kebakaran tersebut terjadi Sabtu sore.

Saat itu, ketiga awak kapal, yakni Budi sebagai kapten, Dolah dan Herianto selaku anak buah kapal, naik ke daratan, sementara kapal dibiarkan kosong.

Di daratan, ketiganya mampir di salah satu rumah warga untuk membicarakan soal penjaga kapal selama mereka pulang ke Pontianak.

“Setelah itu, mereka membeli bensin  dan bertemu dengan nelayan, lalu diberitahu kapal mereka terbakar,” sebut Donny.

Donny menjelaskan, kejadian tersebut diduga dikarenakan kelalaian dari pihak kapten dan ABK kapal yang telah meninggalkan kapal tersebut dalam keadaan kosong dan tidak dijaga.

“Tidak ada terdapat korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Kepolisian masih melakukan lidik dan pulbaket (pengumpulan bahan keterangan) untuk mengetahui secara persis penyebab terbakarnya kapal tersebut,” tutup Donny.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/02/151126978/sebuah-tugboat-terbakar-dan-karam-dekat-pelabuhan-internasional-kijing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke