Salin Artikel

Ujian Sekolah Tingkat SD dan SMP di Tegal Digelar secara Daring atau Luring

TEGAL, KOMPAS.com - Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri maupun swasta di Kota Tegal, Jawa Tengah, akan menggelar ujian sekolah mulai Senin (26/4/2021) pekan depan.

Masing-masing sekolah dipersilakan untuk menggelar ujian baik secara luring atau daring.

"Untuk itu kita serahkan ke setiap sekolah, yang paling baik seperti apa, apakah ujian luring atau daring. Yang jelas ujian belum boleh tatap muka," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal Ismail Fahmi saat dihubungi, Kamis (22/4/2021).

Fahmi menjelaskan, ujian secara daring contohnya, materi soal ujian dikirim guru lewat pesan WhatsApp ke murid untuk dikerjakan.

Sementara ujian dengan cara luring misalnya, materi soal ujian diambil siswa ke sekolah dan dikerjakan di rumah.

Meski demikian, Fahmi mengakui, jika sistem tersebut bisa saja kurang efektif dan berpotensi adanya kecurangan.

"Memang banyak kelemahan, mungkin orangtua turut membantu mengerjakan. Namun kesehatan dan keselamatan siswa nomor satu," katanya.

Selain mencegah potensi terpapar Covid-19 ketika harus berkumpul di sekolah, di sisi lain turut mengajarkan pendidikan karakter.

"Kita mengajak orangtua dan siswanya sendiri untuk belajar kejujuran, jadi ada pendidikan karakternya," ujar Fahmi.

Fahmi menambahkan, meski ujian sekolah penting, namun sudah bukan lagi menjadi dasar utama kenaikan kelas atau kelulusan siswa.

"Berdasarkan SE Sekjen Mendikbud yang terbaru hampir sama dengan yang lalu. Poin pertama menghilangkan ujian nasional, dan bukan menjadi penentu kelulusan lagi," kata Fahmi.

Fahmi menyebut, indikator kelulusan saat ini di antaranya mengggunakan nilai rata-rata rapot siswa dalam lima semester terakhir,

"Ujian sekolah dapat dilaksanakan untuk menambah nilai namun bukan syarat utama kelulusan. Dinyatakan lulus itu dari sisi perilaku, nilai rata-rata rapot, pendidikan karakter, dan lainnya," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/23/130330878/ujian-sekolah-tingkat-sd-dan-smp-di-tegal-digelar-secara-daring-atau-luring

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke