Salin Artikel

Polisi Ciamis Awasi 24 Jam Gerbang Masuk Jabar-Jateng

Petugas akan menghalau pemudik yang melaksanakan perjalanan mudik pada 6-17 Mei 2021.

Pos penyekatan yang akan didirikan, yakni Pos Cihaurbeuti dan Pos Panumbangan yang merupakan batas Kabupaten Tasikmalaya dengan Ciamis; Pos Panawangan batas Kabupaten Ciamis dengan Kabupaten Majalengka; Pos Karangkamulyan batas Kabupaten Ciamis dengan Kota Banjar, serta; Pos Kalipucang batas antara Jawa Barat dengan Jawa Tengah.

"Batas antarkabupaten, antarprovinsi (diawasi) yang terpenting itu," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Ciamis, Ajun Komisaris Zanuar Cahyo Wibowo saat ditemui di Mapolres, Selasa (20/4/2021).

Wibowo mengatakan, pada arus mudik balik Lebaran tahun ini pihaknya memusatkan perhatian di pos Kalipucang, Kabupaten Pangandaran. Hal ini karena Kalipucang berbatasan langsung dengan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Jalur tersebut merupakan salah satu gerbang masuk ke Jawa Tengah dari Jawa Barat.

"Pos Kalipucang di Jembatan Pancimas, Terminal Kalipucang. Ini jadi pusat perhatian pada arus mudik dan balik," tegas Wibowo.

Untuk mencegah pemudik melintasi jalur alternatif maupun jalur tikus, lanjut Wibowo, pihaknya saat ini sedang melaksanakan operasi keselamatan. Dalam operasi ini, Satlantas Polres Ciamis menyosialisasikan larangan mudik pada waktu yang sudah ditentukan.

"Kita sosialisasikan warga tidak mudik. Sosialisasi dengan pasang banner, lewat media massa, dan radio," jelas Wibowo.

Selain itu, tambah dia, pihaknya bekerja sama dengan sejumlah polsek untuk mengawasi pemudik yang melintasi jalur alternatif maupun jalur tikus.

Contoh jalur tikus adalah jalur alternatif Cimaragas yang merupakan jalur penghubung Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar.

"Kita berdayakan polsek untuk menyekat atau menghalau pemudik yang melintas. Diminta putar balik," jelas Wibowo.

Pada Operasi Ketupat 2021, Satlantas Polres Ciamis menurunkan 90 personel untuk melakukan penyekatan. Mereka akan berjaga selama 24 jam dengan dibagi menjadi 3 shift.

"Kita jaga jalur alternatif dan nasional," tegas Wibowo.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/20/203812278/polisi-ciamis-awasi-24-jam-gerbang-masuk-jabar-jateng

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke