Salin Artikel

Unpad Manglayang Trail Run 2021 Digelar Hibrida, Berikut Cara Daftarnya

Namun, karena pandemi Covid-19, Unpad MTR 2021 digelar secara hibrida.

"Setelah memutar otak mencari solusi dan melalui serangkaian diskusi, akhirnya diterapkan metode hibrida untuk event ini," ujar Ketua Umum Ikatan Alumni (IKA) Unpad Ira Hermawan saat dihubungi Senin (19/4/2021).

Ira mengatakan, metode ini akan menggabungkan dua kegiatan, yakni offline race dan virtual run.

Ketua Panitia Unpad MTR 2021 Juston Pangaribuan mengatakan, registrasi virtual run telah dibuka sejak 27 Maret 2021.

Peserta yang mendaftar virtual run ini akan mendapat tawaran via email untuk bergabung pada offline race dengan sistem undian.

"Silakan cek di website manglayangtrailrunning.com. Terdapat empat kategori lomba yang disiapkan, 42K, 21K, 10K, dan 5K," ujar Juston kepada Kompas.com.

Masing-masing peserta yang finish akan mendapatkan jersey finisher, medali, BIB, E-certificate, dan akan ditanamkan bibit pohon sebanyak jumlah peserta yang bergabung.

Jadi, setiap orang yang bergabung pada kegiatan ini, maka dirinya telah berkontribusi menjaga lingkungan melalui program baby tree plant atau penanaman pohon untuk penghijauan.

Lokasi penghijauan berada di kaki Gunung Manglayang atau di sekitar Kampus Unpad Jatinangor.

Pohon yang ditanam akan disediakan Bank Indonesia Jawa Barat, dan akan dipilih jenis pohon yang cocok dengan habitat dan ekosistem di kawasan tersebut.

Dengan begitu, diharapkan kegiatan itu akan dapat memberikan manfaat banyak, termasuk menjaga sumber mata air di sana.

“Kegiatan baby tree plant ini merupakan tradisi yang dilakukan sejak MTR 2015 dan 2016 lalu,” kata dia.

Pihaknya menargetkan, ada 1.000 pelari yang berpartisipasi dalam virtual run.

Sedangkan kegiatan offline ditargetkan diikuti 100 orang khusus 21 kilometer half marathon dan 42 kilometer full marathon.



Pesona Manglayang

Gunung Manglayang merupakan salah satu gunung di Jawa Barat dengan ketinggian 1.818 meter di atas permukaan laut (MDPL).

Untuk menuju ke puncak, pelari akan disuguhi rute yang relatif technical dengan elevation gain sekitar 2.342 meter dan gradient 32 persen untuk jalur lari Unpad MTR.

Pada jalur pelari akan disuguhi pemandangan indah dan vegetasi asri yang menjanjikan oksigen berlimpah bagi para peserta.

Pada titik ketinggian tertentu, bila beruntung jarak pandang tidak tertutup kabut atau awan, peserta dapat menikmati pemandangan indah Kota Sumedang dan Bandung dari kejauhan.

Menurut rencana, info resmi untuk bergabung dengan skema ballot atau undian pada offline race ini akan disampaikan pada pertengahan Mei 2021.

"Akan diberi waktu dua hari sejak surat penawaran tersebut diterima untuk peserta menjawab kesediaan bergabung," ujar Safrita Aryana dari IdeaRun, selaku race management Unpad MTR.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/19/221440878/unpad-manglayang-trail-run-2021-digelar-hibrida-berikut-cara-daftarnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke