Salin Artikel

Terminal Bulupitu Purwokerto Dilengkapi GeNose, Gratis bagi Penumpang Bus

Pengelola Administrasi Perkantoran Terminal Bus Bulupitu Ahmad Yusuf Ismail mengatakan, alat deteksi dini itu diperuntukkan bagi para penumpang yang akan berangkat atau pun tiba di terminal.

"GeNose mulai dioperasikan hari ini, mulai pukul 09.00 WIB sampai selesai," kata Yusuf kepada wartawan di terminal, Senin (19/4/2021).

Yusuf mengatakan, saat ini terdapat satu unit alat GeNose. Setiap hari pihaknya akan melakukan sampling terhadap 10 hingga 20 orang penumpang bus.

"Program ini gratis, dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan. Kami umumkan melalui pengeras suara kepada penumpang untuk melakukan tes GeNose," ujar Yusuf.

Program tersebut rencananya akan dilakukan sebelum hingga setelah lebaran nanti. Namun, tidak menutup kemungkinan juga akan digunakan selama pandemi Covid-19.

Lebih lanjut Yusuf mengatakan, berdasarkan hasil pengetesan hari pertama terhadap 23 orang, seluruhnya dinyatakan negatif.

"Kalau ada penumpang yang datang dan positif kami minta lakukan tes cepat antigen atau PCR dengan jeda tiga atau empat hari setelah tes GeNose, karena ada masa inkubasi virus," kata Yusuf.

Demikian halnya dengan penumpang yang akan pergi, apabila positif otomatis diminta menunda perjalanan. 

Penumpang juga diminta melakukan tes cepat antigen atau PCR pada hari ketiga atau keempat.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/19/141238078/terminal-bulupitu-purwokerto-dilengkapi-genose-gratis-bagi-penumpang-bus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke