Salin Artikel

Fakta-fakta Ledakan di Rumah Warga Jombang, Diduga Dipicu Bahan Pembuat Petasan

KOMPAS.com - Terjadi ledakan di sebuah rumah warga di Desa Karangpakis, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Kamis (15/4/2021) malam.

Ledakan ini berlangsung saat warga menjalankan shalat tarawih.

Berdasarkan olah tempat kejadian perkara (TKP), ledakan tersebut diduga dipicu oleh bahan-bahan pembuat petasan.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Kabuh AKP Rudi Darmawan menjelaskan, dari lokasi kejadian, petugas menemukan kaleng yang terdapat sisa belerang, abu bekas belerang, dan juga serbuk untuk pavel petasan.

“Kami menduga, sebelum terjadi ledakan ada aktivitas meracik bubuk untuk membuat petasan," tutur Rudi kepada Kompas.com, Sabtu (17/4/2021).

Rudi mengatakan, akibat ledakan ini, satu orang tewas dan satu orang lainnya mengalami luka bakar serius.

Korban tewas adalah Joko Slamet (35). Ia merupakan putra pemilik rumah, Sukijan. Kapolsek Kabuh menjelaskan, Joko meninggal di rumah sakit.

Sedangkan istri Sukijan, Sainten (55), menderita luka bakar serius. Hingga saat ini, dia masih mendapat perawatan intensif di rumah sakit.

Kepala Kepolisian Resor Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho menjelaskan, pihaknya akan menggencarkan razia petasan selama Ramadhan.

Razia tersebut antara lain menyasar pedagang kembang api dadakan saat berlangsungnya Ramadhan.

Langkah ini dilakukan supaya kejadian serupa tidak terulang kembali.

"Kami berharap, ledakan seperti terjadi di wilayah Kabuh tidak terulang kembali," ujar Agung, melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu.

Agung menjelaskan, terdapat larangan bagi masyarakat untuk memproduksi, menjual, maupun menyulut petasan pada waktu Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri.

"Kami imbau masyarakat tidak memproduksi maupun menyalakan petasan atau mercon guna menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat selama Ramadhan," bebernya.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Jombang, Moh. Syafii | Editor: Robertus Belarminus)

https://regional.kompas.com/read/2021/04/18/155529978/fakta-fakta-ledakan-di-rumah-warga-jombang-diduga-dipicu-bahan-pembuat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke