Salin Artikel

Virus Corona B1525 Ditemukan di Batam, Warga Kepri Diminta Waspada

BATAM, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau mengimbau masyarakat untuk mewaspadai varian baru Covid-19, yang lebih cepat menular dan 10 kali lipat kebal terhadap vaksin, seperti B1525.

Kepala Dinas Kesehatan Kepri Bisri mengatakan, penemuan B1525 varian baru corona di Batam merupakan alarm bagi masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Ia mengatakan, varian corona dari Inggris dan Nigeria ini dibawa oleh seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang pulang dari Malaysia menuju ke Tanah Air melalui Batam pada Februari 2021 lalu.

"Virus itu mudah menular, dan lebih tahan terhadap vaksin sehingga tidak ada cara lainnya untuk mencegahnya selain menerapkan protokol kesehatan secara ketat," kata Bisri, melalui telepon, Sabtu (17/4/2021) malam.

Ia menuturkan, pasien tersebut datang ke Batam dengan status orang tanpa gejala (OTG) dan saat ini telah dinyatakan sembuh setelah menjalani isolasi beberapa hari di gedung isolasi penampungan TKI di Batam.

Kendati demikian, upaya pemulangan TKI dari Malaysia menuju ke Tanah Air melalui Batam sampai saat ini terus dilakukan.

“Kami hanya minta masyarakat tetap waspada dan selalu menerapkan prokes, dan upaya antisipasi terus dilakukan agar tidak terjadi penyebaran penularan virus varian baru ini di Kepri,” terang Bisri.

Bisri mengatakan, jumlah kasus aktif corona dalam beberapa pekan terakhir terus meningkat di Kepri, bahkan di Natuna yang sebelumnya zona hijau, saat ini ditemukan enam kasus baru.

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 Kepri, jumlah kasus aktif corona pada 17 April 2021 mencapai 673 orang, yang tersebar di Batam 373 orang, Tanjungpinang 202 orang, Bintan 58 orang, Karimun 21 orang, Lingga satu orang, Anambas satu orang dan Natuna 17 orang.

Ditanyai apakah ada kasus baru yang terjangkit atau terinfeksi B1525, Bisri mengaku belum dapat memastikan apakah ada pasien lainnya di Kepri yang terinfeksi B1525 atau varian baru lainnya.

“Yang penting masyarakat Kepri harus selalu waspada dan terus menjalankan prokes, yakni menjaga jarak, menggunakan masker dan selalu mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer,” pungkas Bisri.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/18/121548078/virus-corona-b1525-ditemukan-di-batam-warga-kepri-diminta-waspada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke